BPDPKS dukung UKMK Sawit Kalsel Kembangkan Minyak Merah

Ilustrasi minyak sawit merah. (BPBD Sawit)

Editor: M Kautsar - Kamis, 7 Juli 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Badan Penggelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan serangkain kegiatan dalam rangka memperkuat dan mengembangkan UKMK Sawit di Kalimantan Selatan.

Kegiatan diawali dengan Seminar Nasional dengan tema Peran Promosi Produk Hilir UKMK Kelapa sawit dalam penguatan perekonomian Nasional. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Rattan In, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 6 Juli 2022. Rangkaian kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan pada 25 -26 Agustus 2022 berupa workshop teknologi produksi produk hilir kelapa sawit yang akan diikuti oleh UKMK Sawit Kalimantan Selatan. Dalam kegiatan workshop UKMK akan diberikan pengetahuan tentang pengembangan minyak merah.

Dalam sambutannya Direktur Utama BPDPKS yang diwakili Kepala Divisi UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Helmi Muhansyah menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPDPKS dalam mewujudkan kemitraan dengan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi berbasis sawit dalam rangka mencapai Visi BPDPKS yaitu “Menjadi badan pengelola dana yang terpercaya dalam pengembangan sawit berkelanjutan sebagai komoditas strategis nasional untuk kesejahteraan rakyat Indonesia."

Melalui program kegiatan kolaborasi ini diharapkan dapat membuka cakrawala untuk memperkuat pengembangaan UKMK berbasis sawit khususnya di Kalimantan Selatan; meningkatkan kemitraan UKMK berbasis sawit dengan berbagai pihak; meningkatkan kesejahteraan para pekebun sawit rakyat baik secara kelembagaan UKMK-nya maupun individu para pelakunya, meningkatkan citra (brand image) sawit yang berperan dalam pemberdayaan potensi ekonomi daerah yang selanjutnya diharapkan bisa berkontribusi dalam membentuk persepsi positif kelapa sawit di Indonesia sebagai industri yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca Juga: BPDPKS dukung UKMK Sawit Kalsel Kembangkan Minyak Merah
Ekspor Minyak Sawit Disetop, Keberadaan BPDPKS Tak Relevan Lagi

Sekretaris Jendral Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Suharti, dalam pemaparannya menyebut transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi, yang dilakukan dengan tiga jalur yaitu insentif berdasarkan capaian IKU, matching fund untuk kerja sama dengan mitra dan competitive fund program kompetisi kampus merdeka.

Beberapa contoh kemitraan terkait sawit yang berpeluang menerima matching fund antara lain, teknologi produksi kelapa sawit yang dirancang oleh perguruan tinggi dan pembangunannya dikelola oleh mitra industri, mesin berbahan bakar biodiesel dan biogas yang merupakan inovasi perguruan tinggi diproduksi secara mssal oleh mitra industi, penelitian terkait pengolahan limbah sawit untuk pakan ternak yang diterapkan oleh yayasan untuk memberdayakan bisnis ternak di daerah.

Video Terkait