Mentan Ditugasi untuk Tingkatkan Produksi Gula Nasional

Proses giling tebu di salah satu pabrik gula di bawah naungan PTPN X. (Antara)

Editor: M Kautsar - Kamis, 21 Juli 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk memperbaiki tatanan kebijakan gula nasional. Pesan itu disampaikan Syahrul seusai rapat terbatas dengan Jokowi dan Menteri BUMN, Menteri Perdagangan, dan Menteri Perindustrian, Rabu (20/7/2022).

“Saya bersama kementerian yang ditugaskan akan segera menyiapkan langkah bersama untuk meningkatkan produksi gula nasional. Diantaranya melalui ekstensifikasi dan intensifikasi lahan,” ucap Syahrul, dikutip dari Instagram pribadinya Kamis (21/7/2022).

Menurut Syahrul, kebutuhan gula nasional kita saat ini adalah 7,3 juta ton. Dari jumlah itu terdapat gula konsumsi sebesar 3,2 juta ton, gula industri 4,1 juta ton.

“Produksi gula nasional untuk kebutuhan konsumsi kita masih diangka 2,35 juta ton,” ucap dia.

“Itu artinya, ada 850 ribu gula konsumsi yang harus segera kita penuhi. Sementara untuk pemenuhan gula industri nasional akan dilakukan secara bertahap,” kata dia.

Syahrul mengatakan, Kementerian Pertanian akan mendukung penuh Kementerian BUMN yang akan terlibat dari hulu hingga hilir agar bisa mempercepat memenuhi kebutuhan gula konsumsi, dan secara bertahap bisa memenuhi kebutuhan gula industri yang cukup besar.

Video Terkait