Identik Panas dan Gersang, Gubernur Anies Panen Anggur di Cilincing

Ilustrasi Gubernur Anies panen anggur. (Dok. Kominfotik Jakarta Utara)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 22 Juli 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan panen anggur di Vezo Grapes Farm, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022).

Anies ditemani oleh Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelauran dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati, Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Ketua TP PKK Jakut, Yenny Nursanti Ali, Camat Cilincing, Anita Permatasari, Sekretaris Camat Cilincing, Idham Mugabe, Lurah Sukapura, Rosiwan, Kasudin KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto, dan Kasudin Kominfotik Jakut, Herlinda Harmaini.

"Saya mengundang kepada pegiat, masyarakat di seluruh wilayah Jakarta, sempatkan mampir ke sini, kemudian belajar, lalu gunakan pengalaman di sini untuk menumbuhkan hal yang sama di tempat masing-masing," kata Anies.

Anies meminta supaya komunitas atau masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggal mereka dengan tanaman anggur.

Menurutnya, anggur identik sebagai buah yang mahal dan banyak orang yang enggan membeli buah yang satu ini karena harganya. Padahal nilai gizinya cukup tinggi.

"Kami ingin agar anggur menjadi tanaman yang bisa ditanam oleh siapa saja, dan bisa dimakan oleh siapa saja. Karena selama ini anggur asosiasinya harganya mahal, nah kalau semua bisa menanam , maka semua akan bisa menikmati anggur," ucapnya.

Baca Juga: Identik Panas dan Gersang, Gubernur Anies Panen Anggur di Cilincing
Melihat Panen Anggur di Pesisir Jakarta, Warga Bisa Petik Secara Gratis

Panen anggur yang dilakukannya saat ini berawal dari inisiatif dari warga bernama Sutarto. Lahan tersebut diubahnya menjadi kawasan bercocok tanam. Padahal Cilincing merupakan kawasan gersang dan panas.

"Jadi tadi sudah dijelaskan oleh Bu Kadis, tentang anggur yang ditanam di Cilincing. Tidak terbayang Cilincing dan anggur itu sebagai satu kombinasi, Cilincing biasanya diasosiasikan dengan panas gersang, anggur diasosiasikan dengan sejuk, teduh, tinggi, dan sekarang justru di Cilincing tumbuh anggur dengan 70 jenis varian anggur," tuturnya.

Video Terkait