BPDPKS Minta Pemda Aktif Bantu Petani Dalam Peremajaan Sawit Rakyat

Ilustrasi kelapa sawit. (Antara)

Editor: M Kautsar - Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Eddy Abdurrachman mengatakan pemerintah daerah di tingkat kabupaten/kota berperan aktif membantu pengembangan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Hal ini karena peran dinas di tingkat kabupaten/kota telah diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 03 Tahun 2022.

“Dinas di tingkat kabupaten/kota inilah yang berperan sentral dalam pengembangan PSR ini,” kata Eddy, saat mengikuti FGD yang digelar GAPKI Sumatera Utara, Kamis (4/8/2022).

Menurut Eddy, banyak persoalan sertifikasi lahan, khususnya kawasan hutan, tumpang tindih lahan dengan hak guna usaha, yang dialami petani di tingkat daerah. Meskinya, kata dia, GAPKI dan pemerintah kabupaten/kota bisa memfasilitasinya.

“Ini kan leader-nya kepala daerah di mana kepala daerah ini dibantu kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Mestinya, antardinas yang ada di daerah tadi, bisa menyelesaikan masalah itu,” ucap dia.

Eddy mengatakan, peran sentral di dinas kabupaten/kota menjadi sentral karena dari data merekalah, Direktoraat Jenderal Perkebunan bisa menerbitkan rekomendasi teknis. “Yang nantinya disampaikan ke BPDPKS untuk penyaluran dananya,” ujar dia.

Eddy mengatakan, peran dinas membuat usulan harus dilengkapi dengan titik koordinat yang tepat. Jika tidak lengkap, data koordinat tidak bisa di bandingkan dengan peta kawasan hutan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Demikian juga dengan ATR/BPN itu juga sama. Menurut saya sama di level daerah tadi, bisa dikoordinasikan di sana, persoalan dihadapi petani tadi,” ucap dia.

Video Terkait