Mentan Akan Kembangkan 1 Juta Kelapa Genjah di Solo Raya

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, saat berkunjung melihat budidaya anggur yang dikembnagkan oleh Balai Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) - (Antara Foto)

Editor: M Kautsar - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:00 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan mengembangkan budidaya kelapa genjah secara nasional. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo.

“Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi untuk mengembangkan 1 juta kelapa genjah secara nasional, kami akan menjadikan Solo Raya, yakni Sukoharjo, Karanganyar, dan Boyolali sebagai salah satu sentra produksi,” kata Syahrul, dikutip dari media sosial pribadinya, Sabtu (6/8/2022).

Syahrul mengatakan sempat mengecek persiapan penanaman, dan lokasi baik pekarangan maupun hamparan, serta kesiapan logistik benihnya. Kementerian Pertanian menyiapkan pengembangan kelapa genjah 200.000 batang di Solo Raya.

“Tadi Bupati Sukoharjo juga menyampaikan sudah menyiapkan lahan 1.000 hektare dan 10.000 kepala keluarga. Dengan begitu, calon petani, calon lahan penerima bantuan, dan stok benih kelapa sudah siap, sudah tersebar di lokasi, dan siap ditanam,” ujar dia.

Dia berharap program ini tidak hanya sampai pada kegiatan tanam saja, tetapi industri pengolahannya pun akan disiapkan, sehingga bisa menghasilkan produk turunan kelapa yang bernilai jual tinggi, seperti minyak kelapa dan gula semut.

“Insyaallah ini akan meningkatkan ketahanan pangan nasional, menurunkan pengeluaran dan meningkatkan pendapatan rumah tangga, serta turut mengembangkan ekonomi wilayah,” kata dia.

Video Terkait