BPDPKS Promosi Sawit Baik Lewat Pementasa Ludruk

BPDPKS menggelar kampanye positif sawit melalui pagelaran seni ludruk. (Ist)

Editor: M Kautsar - Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Badan Penggelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan tim Kemenkeu I Madiun menggelar Festival UMKM Merah Putih  yang dilaksanakan di Madiun pada 5 -7 Agustus 2022. Dalam rangkain acara Festival UMKM Merah Putih terdapat berbagai kampanye positif sawit. 

Kegiatan kampanye positif sawit antara lain melalui penampilan kesenian tradisional ludruk dengan judul Juragan Sawit Pulang Kampung, pemaparan materi terkait kemitraan UKMK sawit, serta penayangan video kampanye positif sawit.

Dalam pagelaran kampanye positif sawit, Kepala Divisi UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Helmi Muhansyah sebagai bagian dari Badan Layanan Umum Kemenkeu, BPDPKS bertugas untuk menjalankan kebijakan pemerintah dalam program pengembangan sawit berkelanjutan melalui penghimpunan, pengembangan, dan penyaluran dana sawit yang terpadu dan tepat guna, secara profesional dan akuntabel.

“Tujuannya untuk kepentingan pengembangan sumber daya manusia; penelitian dan pengembangan; peremajaan; sarana dan prasarana; pemenuhan kebutuhan pangan; hilirisasi industri perkebunan kelapa sawit serta penyediaan dan pemanfaatan bahan bakar nabati,” ujar Helmi dalam keterangan resminya kepada Sariagri, Minggu (7/8/2022).

Helmi mengatakan kegiatan promosi yang dilakukan melalui kegiatan seni untuk memberikan persepsi positif terhadap kelapa sawit dalam rangka menghadapi kampanye negatif terhadap sawit. “Sawit merupakan anugerah terindah untuk bumi Indonesia yang memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat,” ujar dia.

Helmi mengatakan masyarakat tidak bisa lepas dari sawit sehingga 24 jam bersama sawit. Menurut dia, secara ekonomi sawit juga merupakan komoditas strategis andalan ekspor Indonesia dan pemyerap tenaga kerja. Dengan sosialisasi ini diharapkan UKMK dapat memanfaatkan berbgai peluang usaha UKM berbasis produk turunan sawit.

Wali Kota Madiun Maidi menyampaikan harapannya UMKM di kota Madiun semakin mendunia. “Oleh karena itu pengembangan UMKM menjadi salah satu perhatian pemerintah kota Madiun sehingga UMKM diharapkan terus maju dan mencapai target yang tinggi,” ujar Maidi.

Video Terkait