Ini 3 Kesalahan Paling Umum saat Berkebun

Ilustrasi berkebun. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Kamis, 18 Agustus 2022 | 03:00 WIB

Sariagri - Berkebun memang kegiatan yang cukup menyenangkan. Meski terlihat mudah, tetapi masih banyak kesalahan yang sering dilakukan sehingga tanaman tidak bertumbuh dengan baik.

Melansir Lifehack, kesalahan yang umum terjadi biasanya dilakukan oleh para pemula. Tanpa berbekal cukup ilmu, pemula seringkali melakukan kesalahan dan kebingungan untuk memperbaikinya.

Berikut ini tiga kesalahan yang paling umum saat berkebun.

1. Mengabaikan Tanah

Mengabaikan tanah adalah kesalahan paling umum yang dilakukan saat berkebun. Tanaman memang dapat ditanam dalam pot atau tanah di halaman rumah. Ketika ada di pot otomatis akan menggunakan media tanam.

Sementara itu, menanam benih atau bibit di tanah seringkali masih terjadi kesalahan. Hal yang harus dilakukan adalah menguji tingkat pH tanah dan menyesuaikannya berdasarkan yang ditanam.

2. Lokasi

Kesalahan paling umum saat berkebun adalah salah memilih lokasi. Ketika membeli benih atau bibit penting untuk diketahui informasi tentang kondisi yang dibutuhkan tanaman tersebut.

Baca Juga: Ini 3 Kesalahan Paling Umum saat Berkebun
5 Tanaman Ini Tidak Memerlukan Banyak Sinar Matahari untuk Tumbuh

Informasi itu mencakup apakah tanaman membutuhkan sinar matahari penuh atau sebagian, serta suhu minimum yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup, dan informasi terkait iklim lainnya.

3. Tanaman Terlalu Padat

Meskipun tanaman yang rindang cukup menyenangkan untuk dilihat tetapi perlu diketahui akar akan saling berebut tanah. Tanaman tidak suka tinggal di tempat yang penuh sesak, dan, pada titik tertentu, tanaman yang lebih dominan akan mulai mengambil alih area tersebut.

Video Terkait