5 Jenis Tanaman yang Dijadikan sebagai Nama Jalan di Jakarta Timur

Ilustrasi rambutan. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 17 Agustus 2022 | 06:30 WIB

Sariagri - Nama tanaman seperti buah-buahan dan lainnya seringkali digunakan sebagai nama jalan. Hal ini terbukti dari banyaknya beberapa jalan di Jakarta Timur yang banyak menggunakan tanaman untuk nama jalannya.

Penamaan tanaman sebagai jalan biasanya dilatarbelakangi oleh banyak tumbuhan yang hidup di wilayah tersebut. Contohnya, penamanaan Jalan Rambutan karena banyaknya pohon rambutan yang tumbuh di wilayah tersebut.

Melansir instagram @plusjakarta, berikut adalah sejumlah tanaman yang namanya dijadikan sebagai nama jalan di wilayah Jakarta Timur, antara lain:

1. Rambutan

Nama Kampung Rambutan atau yang kita tahu sebagai terminal bus memang terkenal di DKI Jakarta. Alasan nama jalan tersebut, karena dahulu Kampung Rambutan terdapat banyak pohon rambutan atau Nephelium Lappaceum yang tumbuh pada awal abad ke-19.

2. Bambu Apus

Tanaman bernama latin Gigantochloa apus juga cukup dikenal oleh masyarakat Jakarta Timur. Tanaman ini juga bahkan dijadikan sebagai nama jalan yang berada di Kecamatan Cipayung. Sama seperti rambutan, alasan penamaan bambu apus karena daerah tersebut banyak tumbuh pohon bambu apus.

3. Kebon Pala

Pala atau Myristica fragrans digunakan untuk nama kawasan yang berada di Kecamatan Makasar. Pala merupakan salah satu jenis rempah utama yang dikuasai pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Di wilayah Kecamatan Makasar Jakarta Timur ini, dulunya banyak ditumbuhi kebon pala.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman yang Dijadikan sebagai Nama Jalan di Jakarta Timur
Kala Eks Napi Teroris Dilatih Jadi Petani Kopi Hebat dan Tangguh

4. Pondok Kopi

Pondok Kopi juga termasuk salah satu nama kawasan di Jakarta Timur. Alasannya, tanaman kopi pertama kali ditanam di kawasan tersebut sehingga diberi nama Pondok Kopi. Peresmian nama Pondok Kopi pertama kali dilakukan pada 17 Januari 1982.

5. Pulo Gebang

Siapa sangka nama Pulo Gebang ternyata diambil dari tanaman. Pulo memiliki arti daratan atau pulau, sedangkan Gebang merupakan tanaman yaitu pohon gebang. Tanaman dengan nama latin Corypha Utan memiliki wujud seperti pohon palem. Namun, tanaman tersebut hanya berbuah sekali di akhir masa hidupnya.

Video Terkait