Keberadaan Embung Sukodono Akan Aliri Food Estate Mangga di Gresik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Embung Sukodono dan lumbung pangan mangga di Gresik. (Ant)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 22 Agustus 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo telah meresmikan food estate di Desa Sukodono, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Senin (22/8/2022). Peresmian ini ditandai dengan penanaman mangga berbagai jenis di lahan seluas 1.000 hektare yang tersebar di empat kecamatan.

PT Galasari selaku pihak off taker hasil panen masyarakat, tercatat menghibahkan lahan seluas 40 hektar untuk embung air. Bahkan pengembangan food estate mangga ini melibatkan 2 ribu petani.

Melihat hal ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya mendukung Embung Sukodono di lahan irigasi hingga 2.233 hektar demi melancarkan food estate mangga.

"Penyediaan sarana dan prasarana air salah satunya melalui pembangunan embung untuk ketahanan air dan ketahanan pangan. Saya pesan tolong lebih dilakukan penghijauan di sekitar embung, terlebih lokasinya berdekatan dengan perkebunan mangga," kata Menteri Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Embung Sukodono dan lumbung pangan mangga di Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8/2022).

Direktur Air Tanah dan Air Baku Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Agus Rudyanto mengatakan, lumbung air tersebut memiliki luas genangan 28,65 hektar dan total volume tampungan dari kolam lumbung 1, lumbung 2, lumbung 3, dan kolam penenang sebanyak 1,6 juta meter kubik.

Baca Juga: Keberadaan Embung Sukodono Akan Aliri Food Estate Mangga di Gresik
PT Galasari Jalin Kesepakatan dengan PT CFS di One day with Indonesian Coffee Fruits and Flowers

"Embung ini diperuntukkan guna memenuhi kebutuhan air pertanian lahan irigasi seluas 2.233 hektar (ha)," ujarnya.

Agus mengatakan, dari total luas daerah irigasi 2.233 ha, sebanyak 250 ha akan ditanami mangga oleh PT Galasari selaku pengelola perkebunan mangga, dan sisanya nanti sekitar 1.900 ha untuk tanaman hortikultura lainnya untuk para petani sekitar.

"Irigasi Sukodono dibagi menjadi tiga blok yakni blok kiri, tengah dan kanan. Blok kiri untuk lahan irigasi sekitar 900 ha, saat ini BBWS Bengawan Solo sudah membangun jaringan irigasinya berupa box-box untuk menyalurkan air sebanyak kurang lebih 36 buah," papar Agus.

Video Terkait