Tips Ampuh Mengusir Hama Ulat Bulu Pada Tanaman

Ilustrasi Ulat Bulu Kucing (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Jumat, 9 September 2022 | 13:45 WIB

Sariagri - Dalam budidaya tanaman hias, seringkali kita dihadapi permasalahan hama. Salah satu Ham yang sering ditemukan adalah ulat bulu. Tentunya, jika melihat daun tanaman yang digigit ulat bulu rasanya sangat menyebalkan.

Soalnya, jika dibiarkan saja, ulat bulu bisa merusak seluruh daun tanaman hias di rumah. Kalau sudah melihat hal ini, rasanya ingin sekali sesegera mungkin menyemprotnya dengan pestisida kimia saja.

Akan tetapi, penggunaan pestisida kimia tentu ada efek samping yang bisa saja membuat tanaman kesayangan kita jadi mati. Namun, kamu jangan khawatir, mengusir ulat bulu memakai bahan alami tidak kalah ampuh dari menggunakan pestisida kimia, kok.

Berikut 6 cara ampuh mengusir ulat bulu pada tanaman secara alami yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan semprotan cabai

Cara alami mengusir ulat bulu pada tanaman yang pertama adalah menggunakan semprotan cabai. Pembuatannya sangat mudah, cukup mencampurkan cabai segar yang telah dicincang halus, bawah putih, air, minyak sayur, dan sabun.

Jika sudah tercampur rata, masukkan ke dalam toples dan letakkan di bawah sinar matahari selama 2 hari. Setelah itu, saring ramuan ke dalam botol semprot dan gunakan langsung untuk mengusir ulat bulu.

2. Tanaman pengusir ulat bulu

Tanaman pengusir ulat bulu yang bisa digunakan adalah lavender, mint, atau kemangi. Hal ini disebabkan karena ketiga tanaman tersebut memiliki aroma kuat yang dibenci ulat bulu. Sehingga, ulat bulu akan pergi dan tidak kembali lagi.

3. Menggunakan bakteri Bacillus Thuringiensis

Cara mengusir ulat bulu berikutnya menggunakan bakteri Bacillus Thuringiensis (BT). Memang masih sedikit asing, namun BT adalah bakteri alami yang banyak ditemukan di dalam tanah dan ampuh membunuh ulat.

Karena termasuk insektisida organik, maka kita bisa menemukan bakteri BT di berbagai toko tanaman. Jangan khawatir, bakteri ini sudah pasti aman untuk manusia dan hewan peliharaan di rumah.

Baca Juga: Tips Ampuh Mengusir Hama Ulat Bulu Pada Tanaman
Minyak Nimba, Solusi Organik Basmi Penyakit dan Hama Tanaman

4. Membuat pestisida alami

Kita juga bisa membuat pestisida alami untuk membasmi ulat bulu. Salah satunya menggunakan garam dan air sabun. Cukup campurkan garam dan air sabun ke dalam botol semprot dan kocok hingga seluruh bahan tercampur rata. Setelah itu, semprotkan pada pohon atau tanaman yang dihinggapi ulat bulu.

5. Membakar ulat bulu

Kalau ulat bulu di rumah cukup banyak, kita bisa membakarnya agar hilang sepenuhnya. Sebelum membakarnya, pastikan mengumpulkan seluruh ulat bulu dalam wadah kosong agar tidak menyebar. Jika sudah terkumpul, kita bisa langsung membakarnya di atas daun kering agar seluruh ulat bulu mati.

Video Terkait