Dikenal Mancanegara, Ini 5 Daerah Penghasil Teh Terbesar di Indonesia

Ilustrasi - Perkebunan teh (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 2 September 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Teh asal Indonesia adalah salah satu teh yang dikenal memilliki kualitas baik. Tidak hanya di dalam negeri tetapi juga hingga ke penjuru dunia.

Pasalnya, negara kita dikelilingi oleh gunung vulkanik yang membuat struktur tanah baik sehingga tanaman menjadi sangat subur, tak terkecuali pohon teh.

Pada tahun 2017, jumlah produksi teh yang dihasilkan negeri kita saja mencapai sekitar 139.362 ton. Berdasarkan data dari Kementrian Pertanian, jumlah tersebut paling banyak disumbang oleh provinsi Jawa Barat sekitar 70%.

Daerah Penghasil Teh Terbesar di Indonesia

1. Ciwidey, Jawa Barat

Sudah bukan rahasia lagi jika Ciwidey menjadi wilayah di Jawa Barat yang banyak memiliki perkebunan teh. Ada beberapa lokasi, diantaranya Gununghalu, Rancabali, Pangalengan, Sukawana dan Malabar.

Dari kelima perkebunan teh tersebut, perkebunan teh Rancabali menjadi perkebunan tertua yang sudah ada sejak tahun 1870 lalu. Perkebunan ini berada pada ketinggian 1.628 mdpl dan memiliki suhu yang cocok untuk pertumbuhan tanaman teh.

Hal inilah yang membuat hasil produksi teh Rancabali memiliki kualitas terbaik. Selain dikonsumsi dalam negeri, teh Rancabali juga banyak dijadikan sebagai barang ekspor ke mancanegara.

2. Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo memiliki perkebunan teh cukup luas, yang berada dikawasan lereng Gunung Sindoro. Letak perkebunan ini sekitar 16 kilometer, dari pusat kota. Kondisi wilayah dan temperatur udara sangat mendukung pengembangan produksi teh di daerah ini.

Menurut sejarah, perkebunan teh ini merupakan peninggalan kolonial Belanda. Luas kurang lebih 892,14 hektar dan dikelola oleh perusahaan bernama PT. Tambi.

Meski dikelola perusahaan, perkebunan teh ini juga dibuka untuk kawasan agrowisata. Dengan begitu masyarakat umum tetap dapat berwisata melihat hamparan perkebunan teh sambil menghirup udara sejuk khas pegunungan.

3. Brebes, Jawa Tengah

Di Brebes juga ada perkebunan teh yang merupakan salah satu peninggalan jaman kolonial Belanda, yang bernama perkebunan teh Kaligua. Lokasinya berada di Kecamatan Paguyangan, tepatnya di Desa Pandansari.

Perkebunan ini kerap digunakan sebagai lokasi wisata bersejarah sekaligus untuk memenuhi kebutuhan industri. Namin jenis teh yang diproduksi di perkebunan ini adalah teh hitam.

4. Jambi

Tanah Sumatera tepatnya di wilayah Jambi juga terdapat perkebunan teh yang sangat luas, yaitu sekitar 2.500 hektar. Lokasi perkebunan ini berada di daerah Kayu Aro, atau kaki Gunung Kerinci.

Dengan luas tersebut, kebun teh di Jambi ini menjadi kebun teh terluas dari seluruh kebun teh di seluruh dunia. Jenis teh yang diproduksi di daerah ini adalah teh hitam. Perkebunan teh ini mampu menghasilkan daun teh basah sebanyak 80 ton per hari.

Aroma teh hitam dari Kebun Teh Kayu Aro sangat dikenal memiliki aroma yang sangat kuat dibandingkan teh hitam di daerah lainnya.

5. Malang, Jawa Timur

Penghasil teh terbesar kelima adalah Malang. Nama perkebunan teh adalah Wonosari Lawang, dan memiliki luas sekitar 1.444 hektar. Lokasinya terletak di lereng atau kaki gunung Arjuna, dengan ketinggian kurang lebih 950-1.250 mdpl.

Baca Juga: Dikenal Mancanegara, Ini 5 Daerah Penghasil Teh Terbesar di Indonesia
Jangan Sampai Salah! Begini Cara yang Tepat dalam Memetik Daun Teh

Sama seperti perkebunan teh yang ada di Brebes, perkebunan teh Wonosari Lawang tidak digunakan hanya untuk kebutuhan industri saja, tetapi juga difungsikan sebagai agrowisata.

Berdasarkan data yang didapatkan, hasil produksi teh di ini mencapai kurang lebih 18 ton per 45 hektar kebun setiap tahunnya.

Video Terkait