5 Daerah Penghasil Durian Terbanyak, Jawa Timur Nomor Satu

5 Provinsi Penghasil Durian Terbanyak, 2021

Editor: Yoyok - Kamis, 8 September 2022 | 13:45 WIB

Sariagri - Selama ini buah durian dikenal banyak dihasilkan dari Pulau Sumatera. Apalagi jika musim tiba, bertruk-truk durian akan berdatangan melintas Selat Sunda menuju Pulau Jawa. 

Memang benar, karena Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021 mencatat tiga daerah di Sumatera merupakan penghasil durian terbanyak. Daerah itu adalah Sumatera Barat yang menghasilkan 170.707 ton durian, Sumatera Utara sebanyak 119.632 ton, dan Sumatera Selatan yang menghasilkan 46.309 ton durian.

Hanya saja, jika diurut berdasarkan penghasil terbanyak durian, BPS menyebutkan daerah Jawa Timur yang menduduki peringkat teratas dengan menghasilkan durian sebanyak 275.319 ton (lihat infografis). Menyusul di bawahnya Sumatera Selatan, Jawa Tengah dengan produksi durian 159.199 ton, Sumatera Utara, dan Jawa Barat yang menghasilkan durian pada tahun 2021 sebanyak 86.785 ton.

Secara total, BPS menyebut Indonesia pada tahun 2021 menghasilkan durian sebanyak 1.353.037 ton. Jumlah ini tergolong besar sehingga wajar dianggap sebagai negara penghasil durian terbesar di dunia.

Baca Juga: 5 Daerah Penghasil Durian Terbanyak, Jawa Timur Nomor Satu
Dukung Food Estate Kalteng, Kementan Beri Bimbingan Teknologi Bagi Petani

Lebih dari itu, data BPS juga menggambarkan bahwa durian telah menyebar ke seluruh daerah karena semua provinsi tercatat sebagai penghasil durian. Ini menandakan Indonesia sebenarnya mampu swasembada durian.

Sayangnya, durian impor masih merajai di pasaran. Bahkan, teknologi rekayasa durian juga masih kalah dengan negara tetangga. Inilah sebab, durian Indonesia dikenal sebagai jago kandang.