Perubahan Iklim Ancam Masa Depan Tanaman Kopi di Dunia?

Ilustrasi tanaman kopi. (Pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 15 September 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Perubahan iklim diprediksi akan mempengaruhi produktivitas tanaman dan pertanian secara global, termasuk kopi.

Penasihat Menteri Pertanian Mesir Mohamed Fahim bahkan memperkirakan tanaman kopi di seluruh dunia akan berkurang 80 persen di tahun-tahun mendatang akibat dampak perubahan iklim. Pernyataan itu diungkapkan Fahim dalam wawancara via telepon dengan televisi Mesir, baru-baru ini.

Fahim mengatakan, semua tanaman pertanian di bumi akan terkena dampak perubahan iklim pada tingkat yang berbeda-beda. Kopi yang ditanam di daerah tropis yang dikenal dengan jumlah kelembaban dan suhu tertentu yang stabil di mana tidak ada fluktuasi besar, menurutnya sangat rentan terhadap perubahan iklim.

Bagaimana nasib tanaman kopi di Indonesia?

Dalam laporan Egypt Independent, Fahim pun memperkirakan sekitar 50 persen wilayah yang terkenal dengan penanaman kopi secara global akan terdampak signifikan. Ini termasuk tanaman kopi di Brasil, Kolombia, Indonesia, atau Ethiopia, beberapa negara teratas dalam industri kopi.

Baca Juga: Perubahan Iklim Ancam Masa Depan Tanaman Kopi di Dunia?
Kemendag Gencarkan Promosi Kopi Gayo Berbasis Indikasi Geografis



Dia menjelaskan bahwa perubahan iklim telah berdampak pada lingkungan negara-negara ini, terutama curah hujan yang menyebabkan penyakit menyebar di tanah dan merusak tanaman kopi, sehingga produksi mengalami penurunan hingga 80 persen.

Fahim menambahkan bahwa studi jangka pendek telah menunjukkan efek kompleks dari peningkatan perubahan iklim pada banyak aspek kehidupan, termasuk tanaman pertanian.

Video Terkait