Mengintip 5 Daerah Penghasil Nanas Terbesar di Indonesia

Ilustrasi efek samping konsumsi nanas terlalu banyak. (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Senin, 19 September 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Nanas adalah buah tropis yang banyak tumbuh subur di Indonesia. Menurut data dari Badan Pusat Statistika atau BPS menyebutkan bahwa produksi nanas dalam negeri setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Bahkan, nama nanas yang dihasilkan negara kita sudah terkenal di mancanegara. Hal ini karena nanas yang dihasilkan Indonesia telah diekspor sampai ke Saudi Arabia, Jepang, dan Uni Emirat Arab.

Daerah Indonesia yang jadi produsen nanas terbesar

Kira-kira daerah Indonesia mana saja yang mampu menghasilkan nanas dalam jumlah banyak, berikut ulasannya.

1. Lampung

Provinsi yang beribukotakan Bandar Lampung ini merupakan salah satu daerah yang paling berkontribusi dalam menghasilkan nanas di Indonesia. Bahkan, pada tahun 2019 lalu, daerah yang satu ini mampu menghasilkan nanas mencapai 699,243 ton.

Beberapa daerah dari provinsi ini yang menjadi pusat penghasil antara lain Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan. Adapun jenis nanas yang banyak dihasilkan adalah nanas subang.

2. Kediri

Sejak tahun 1990-an silam, budidaya nanas di Kabupaten Kediri sudah mulai digencarkan. Daerah di kabupaten ini yang menjadi produsen pertama nanas adalah Ngacar. Sekitar 75 persen lahan yang ada disini ditanami oleh buah nanas.

Pada tahun 2018 lalu, buah nanas dihasilkan dari lahan seluas 7,700 hektar. Dimana 600 hektar merupakan area pertanaman buah Nanas Madu Kelud. Sebagai informasi nanas madu kelud ini menjadi salah satu varietas yang memiliki banyak permintaan setiap hari.

3. Pemalang

Mendengar nama Pemalang, mungkin yang terlintas bagi sebagian orang adalah nanas madu. Ya, daerah ini memang merupakan penghasil nanas madu yang sangat terkenal.

Nanas ini menjadi sumber penghasilan utama yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah ini, selalu memproduksi nanas tanpa mengenal musim. Hal inilah yang mendukung tersedia dan melimpahnya buah nanas.

4. Riau

Daerah lainnya di Pulau Sumatera yang menjadi penghasil nanas adalah Riau. Desa Penyengat adalah salah satu sentra penghasil nanas yang ada di Riau. Nanas yang dihasilkan ini menjadi salah satu komoditas unggulan yang banyak dicari.

Berkat buah nanas, setiap petani di sana per bulannya bahkan bisa mencapai 10 juta rupiah. Diketahui, selama periode Januari hingga Maret tahun 2020 lalu, produksi dari kelompok petani di desa ini mampu mencapai 110,350 buah.

Jumlah ini mengalani kenaikan dibanding periode yang sebelumnya yaitu 104,700 buah pada Oktober hingga Desember tahun 2019.

Baca Juga: Mengintip 5 Daerah Penghasil Nanas Terbesar di Indonesia
Mengenal Sang Pelopor Budidaya Nanas di Dubai

5. Jambi

Selanjutnya, produsen nanas di Indonesia berasa di provinsi Jambi. Daerah yang dikenal memproduksi nanas adalah Desa Tangkit. Dengan luas lahan sekitar 1,800 dari desa tersebut, kurang lebih 800 hektarnya dimanfaatkan untuk budidaya nanas.

Bahkan jumlah petani buah nanas di desa ini, juga tergolong banyak yaitu sekitar 700 orang kepala keluarga. Sementara untuk penghasilan nanasnya sendiri mencapai 81,368 buah atau 56,4 ton setiap tahunnya.

Video Terkait