4 Media Tanam yang Sangat Cocok untuk Kaktus dan Skulen

Ilustrasi Merawat Kaktus (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 26 September 2022 | 14:15 WIB

Sariagri - Tanaman kaktus dan skulen merupakan tanaman hias yang saat ini banyak digemari. Selain bentuk yang unik, tanaman satu ini tergolong mudah untuk dirawat.

Akan tetapi, dalam perawatan tanaman ini elemen terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah media tanamnya. Dengan menggunakan media tanam yang tepat, kaktus dan sukulen bisa tumbuh dengan baik dan cantik.

Lantas apa saja jenis media tanam yang dapat digunakan? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Sekam

Media tanam kaktus dan sukulen yang pertama adalah sekam. Sekam diperoleh dari sisa penggilingan beras dan bermanfaat dalam proses penggemburan tanah. Akar tanaman dapat menyerap unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Selain itu, sekam juga berfungsi untuk memperbaiki tingkat keasaman tanah. Terdapat dua jenis sekam yaitu sekam biasa dan sekam bakar. Perbedaannya terletak pada unsur hara yang ada pada sekam.

Sekam bakar atau arang sekam mengandung Zinc yang bermanfaat untuk kesuburan kaktus, sedangkan sekam biasa atau mentah tidak steril sehingga mudah ditumbuhi jamur.

2. Sabut Kelapa

Sabut kelapa yang berasal dari tempurung kelapa yang dikupas atau disebut juga cocopeat menjadi media tanam untuk kaktus dan sukulen. Selain itu sabut kelapa juga banyak dipakai untuk media tanaman hias atau hidroponik.

Media tanam yang satu ini mampu menyerap air dan menyimpannya lebih lama. Namun, jika kamu menggunakan media tanam ini, sebaiknya letakkan pot di area beratap dan tetap terpapar sinar matahari.

3. Batu Apung

Batu apung adalah jenis batu piroklastik kaca dengan dinding batuan beku gunung berapi. Batu ini tahan terhadap api, jamur, dan dapat mengapung di dalam air.

Sebagai media tanam kaktus dan sukulen, kamu bisa memilih batu apung dan mencampurkannya dengan pasir malang. Kamu juga bisa memilih ukuran yang lebih besar untuk diletakkan di dasar pot kaktus atau sukulen.

Baca Juga: 4 Media Tanam yang Sangat Cocok untuk Kaktus dan Skulen
Kerap Disepelekan, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memelihara Kaktus

4. Pasir Malang
Pasir Malang merupakan media tanam yang berasal dari lahar atau magma gunung berapi yang dingin secara cepat. Biasanya pasir ini berasal dari dataran tinggi atau gunung berapi yang terdapat di sekitar Kota Malang.

Pasir ini dapat menjadi media tanam yang baik untuk kaktus dan sukulen karena lebih cepat melewatkan air dan mencegah kaktus membusuk. Tekstur pasir ini juga halus sehingga dapat menahan air yang dapat berpotensi membuat sukulen dan kaktus menjadi lembap.

Selain itu, pasir Malang juga lebih bersih dan steril sehingga membuat tanaman terbebas dari jamur.

Video Terkait