Praktis! Ini Cara Ampuh Bersihkan Lumut pada Paving Block

ilustrasi Paving Block Berlumut (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 17 November 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Menggunakan paving block untuk halaman rumah menjadi pilihan karena dirasa halaman rumah terlihat menjadi lebih rapi dan memiliki motif. Sayangnya, penggunaan paving blok juga perlu adanya perawatan.

Jika tidak paving blok akan dipenuhi oleh lumut sehingga terlihat kotor dan bisa membuat jalan licin ketika hujan. Jadi, sebaiknya jangan tunggu lumut tumbuh subur baru dibersihkan.

Segera lakukan cara-cara menghilangkan lumut di bawah ini, agar halaman bersih kembali:

Soda kue

Cara menghilangkan lumut di paving block pertama adalah menggunakan soda kue. Salah satu bahan dapur ini memang terkenal dengan sifat abrasif yang dimilikinya. Senyawa tersebut dapat dengan mudah membersihkan lumut dengan cepat.

Caranya cukup mencampur soda kue dengan air sampai kental seperti pasta. Selanjutnya oleskan pasta soda kue pada bagian paving yang ditumbuhi lumut. Diamkan selama 5 menit, lalu gosok area tersebut dengan menggunakan sikat.

Pastikan untuk menyiramnya dengan air setelah menyikat paving block, hal ini agar sela-sela kecil pada paving block juga ikut terangkat.

Bubuk kapur

Bubuk kapur sudah tidak diragukan lagi untuk urusan menghilangkan lumut di paving block. Untuk menggunakan bubuk kapur sebagai penghilang lumut kamu bisa basahi paving block terlebih dahulu menggunakan air.

Setelah itu, taburkan bubuk kapur pada paving block sampai merata. Diamkan bubuk kapur hingga mengering. Biasanya dalam semalam bubuk kapur akan mengering.

Jadi kita bisa membersihkan bubuk kapur ini dengan air keesokan harinya. Sama seperti soda kue, bubuk kapur akan menghilangkan lumut dengan cara mengikisnya.

Nah, salah satu keunggulan bubuk kapur adalah kemampuannya untuk mencegah lumut tumbuh kembali di sela-sela paving block.

Gunakan fungisida

Cara menghilangkan lumut satu ini tentu tidak asing lagi, bukan? Semprotkan cairan fungisida pada permukaan dan sela-sela paving block. Meskipun berfungsi untuk mengusir jamur, fungisida juga bisa digunakan untuk mencegah lumut muncul kembali.

Kamu bisa semprotkan fungisida pada bagian berlumut, dan biarkan agar cairan ini bekerja dengan sendirinya. Sebaiknya lakukan proses penyemprotan saat siang hari.

Ini karena panas matahari akan membantu cairan fungisida menyerap dengan lebih cepat ke dalam pori-pori paving block, sehingga lumut lebih cepat hilang.

Tebarkan semen

Semen kamu bisa manfaatkan untuk membunuh dan mencegah lumut tumbuh kembali di paving block. Cara menghilangkan lumut dengan semen mirip dengan penggunaan bubuk kapur.

Baca Juga: Praktis! Ini Cara Ampuh Bersihkan Lumut pada Paving Block
4 Media Tanam yang Sangat Cocok untuk Kaktus dan Skulen

Pertama, siram paving block menggunakan air. Lalu taburkan semen pada permukaan dan sela-sela paving block. Kemudian biarkan semen mengering. Semen akan menghambat lumut tumbuh di permukaan paving block.

Cuka putih

Terakhir, cara menghilangkan lumut dari paving block bisa dengan menggunakan cuka putih. Untuk menggunakannya mudah banget. Cukup tuangkan cuka putih ke bagian paving block yang ditumbuhi lumut, lalu sikat sampai bersih dan siram dengan air setelah lumut terkikis.

Video Terkait