5 Proses Pengolahan Biji Kakao Sebelum Diolah Jadi Produk Cokelat

Ilustrasi tanaman kakao (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 26 Oktober 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Jika kamu pecinta cokelat, pasti tidak asing dengan yang namanya biji kakao. Biji ini memang dikenal sebagai tanaman penghasil cokelat yang biasanya digemari anak-anak.

Sejak dahulu kala, biji kakao sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan juga obat-obatan. Hal ini dikarenakan di dalam biji kako terkandung senyawa flavanol yang baik untuk kesehatan.

Cara mengolah biji kakao

Namun biji kakao tidak serta merta bisa langsung digunakan. Pasalnya setelah biji tanaman ini dipanen, masih harus melewati beberapa langkah dalam proses pengolahan, sebelum akhirnya diubah menjadi bentuk lainnya.

Lantas bagaimana proses pengolahan tersebut, berikut penjelasannya:

1. Fermentasi

Langkah pertama dalam proses pengolahan biji kakao adalah fermentasi. Biji yang masih menempel dengan daging buahnya, nantinya akan dimasukkan ke dalam sebuah tong yang akan ditutup rapat.

Kemudian biji tersebut dibiarkan selama beberapa hari, agar mikroba di dalamnya bisa memakan daging buahnya sekaligus memfermentasi biji kakao. Dengan begitu, maka rasa dan aroma cokelat yang khas akan mulai tercium.

2. Pengeringan

Selanjutnya masuk dalam proses pengeringan. Biji yang sudah difermentasi, kemudian diangkat dan dikeringkan selama beberapa hari. Jika sudah kering, biji pun masuk dalam proses pensortiran untuk selanjutnya disalurkan ke para pembuat coklat.

3. Pemanggangan

Kemudian, setelah pengeringan masuk ke proses pemanggangan. Biji kakao yang sudah kering ini dipanggang sebelum nantinya diolah sesuai kebutuhan.

Ketika proses pemanggangan ini biasanya rasa pahit dari cokelat asli sudah dapat dirasakan. Pasalnya rasa ini merupakan rasa asli dan belum ditambahkan dengan susu atau pemanis buatan.

4. Penghancuran

Langkah selanjutnya adalah proses penghancuran. Biji-biji yang sudah dipanggang, kemudian akan dihancurkan dan dipisahkan dari kulit luarnya.

Baca Juga: 5 Proses Pengolahan Biji Kakao Sebelum Diolah Jadi Produk Cokelat
Bukan Jawa, Ini 5 Daerah yang Jadi Produsen Cokelat Terbesar di Indonesia

Ketika biji kakao sudah telah terpisah dari kulitnya ini, namanya berubah menjadi nibs. Nibs ini umumnya berukuran lebih kecil dari biji asli sebelum diolah..

5. Penggilingan

Setelah dihancurkan, nibs ini akan masuk ke proses terakhir dalam proses pengolahan biji kakao, yaitu penggilingan.

Nibs yang telah digiling ini nantinya berubah menjadi bubuk cokelat. Biasanya bubuk cokelat ini kemudian dicampur dengan berbagai bahan lain, seperti vanila, gula, dan susu. Setelah itu bubuk cokelat pun siap diolah berbagai macam produk cokelat di pasaran.