BPDPKS dan DPR RI Promosi Sawit di The Nice of Java

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan Komisi IV DPR RI mengadakan Sosialisasi dan Expo Sawit Baik Indonesia 2022 25 oktober 2022 di Magetan, Jawa Timur.

Editor: Yoyok - Jumat, 28 Oktober 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan Komisi IV DPR RI mengadakan Sosialisasi dan Expo Sawit Baik Indonesia 2022 25 oktober 2022 di Magetan, Jawa Timur. Kegiatan di daerah yang dikenal sebagai The Nice of Java ini bertemakan hilirisasi sawit menuju ketahanan ekonomi nasional. 

Anggota Komisi IV DPR RI, Ibnu Multazam mengatakan walaupun di Magetan tidak ada sawit namun harus menghormati produk turunan sawit. 

“Karena masyarakat banyak memanfaatkan produk sawit seperti lipstik yang dipakai ibu-ibu dan juga minyak goreng. Sabun juga merupakan produk turunan sawit termasuk sabun cair. Biodiesel juga merupakan salah satu produk turunan sawit,” katanya. 

Sementara Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi BPDPKS, Helmi Muhansyah menyampaikan sosialisasi sawit di Magetan merupakan salah satu upaya BPDPKS untuk mengampanyekan persepsi positif terhadap sawit sebagai upaya menghadapi kampanye hitam atau black campaign yang dilakukan oleh pihak-pihak yang menyerang sawit Indonesia. 

“Magetan sebagai salah satu daerah yang tidak memiliki perkebunan sawit namun masyarakat dapat berkolaborasi dalam memanfaatkan dan mengembangkan hasil produk dan turunan sawit, khususnya dalam skala Usaha Kecil dan Menengah berbasis sawit. Berbagai ragam produk sawit dan turunan sebagai salah satu hasil riset yang didanai oleh BPDPKS sangat potensial untuk dikembangkan di Magetan,” ujar Helmi.

Sedangkan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan, Sukartini mengungkapkan terkait pemulihan ekonomi nasional telah dilakukan kurasi terhadap UKM dan memfasilitasi dalam bekerjasama dengan waralaba. 

Baca Juga: BPDPKS dan DPR RI Promosi Sawit di The Nice of Java
Gara-gara Langgar Hak Atas Tanah, Nestle Ancam Astra Stop Pasok Sawit

“Kebijakan 40  persen belanja pemerintah juga telah diterapkan dalam e-catalog local. Saat ini sudah banyak UKM di terima di pasar modern. Sebagian besar produk UKM Magetan  adalah makanan-minimum,” katanya.. 

Dalam rangkaian kegiatan Sosialisasi dan Expo Sawit Baik Indonesia 2022 juga ditampilkan berbagai macam contoh produk dari sawit dan turunannya. Dalam kegiatan juga ditampilkan seni tradisional di Magetan yaitu kesinian campursari yang menampilkan lagu-lagu tradisional.