Banyak Diminati, Ini 5 Sentra Durian Terbesar yang Ada di Indonesia

Ilustrasi pohon durian. (Foter)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Reza P - Minggu, 27 November 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Durian adalah salah satu buah tropis yang sangat populer. Bagaimana tidak, aroma dan rasa dari buah ini begitu menggoda. Bahkan di Indonesia sendiri, pecinta durian ada sangat banyak.

Namun, bagi sebagian orang buah ini justru dihindari. Mereka mengganggap aroma dan rasanya sangat mengganggu. Dirangkum dari berbagai sumber, tercatat ada beberapa daerah di Indonesia yang dikenal sebagai penghasil durian terbesar.

Sentra Durian Terrbesar dan Terpopuler di Indonesia

1. Magelang

Salah satu daerah di Pulau Jawa, terdapat produsen durian yang sangat populer. Daerah tersebut adalah Kampung Durian Mantenan, yang berada di Kabupaten Magelang.

Di kampung ini, kegiatan budidaya durian berkembang baik sehingga jumlah yang dihasilkan bisa sangat melimpah. Tak hanya itu, rasa durian dari kampung ini sangat lezat sehingga kampung durian ini dinobatkan sebagai daerah yang mampu menghasilkan durian terenak se-Jawa Tengah.

Rasanya sangat khas, yaitu manis dengan sedikit pahit yang mengiringinya. Selain itu, durian asal kampung ini juga memiliki ukuran sangat besar dengan daging yang cukup tebal. Diketahui, petani dan masyarakat setempat berkerja keras demi mengupayakan budidaya durian daerahnya memiliki kualitas terbaik.

2. Lampung

Beralih ke Pulau Sumatera, provinsi Lampung ternyata juga dikenal sebagai salah satu produsen durian dengan kualitas tak kalah baik dengan Magelang. Daerah ini juga memiliki beberapa agrowisata durian yang bisa dikunjungi secara langsung oleh wisatawan.

Rasa durian dari Lampung memang tidak semanis durian pada umumnya, karena memiliki rasa pahit yang dominan. Meski demikian, durian ini terkenal dengan teksturnya yang sangat lembut.

Selain itu, durian Lampung juga memiliki warna daging yang sangat indah yaitu sedikit kekuningan yang menyerupai mentega. Umumnya, durian ini dikonsumsi langsung, namun sebagian daging durian juga diolah ke dalam bentuk dodol, kolak, permen, dan lempok.

3. Banjarnegara

Produsen durian lainnya yaitu Banjarnegara. Durian asal daerah ini dikenal dengan sebutan durian Mimang. Bisa dibilang, tekstur durian ini berbeda dibandingkan dengan durian asal daerah lain. Pasalnya, durian ini memiliki bentuk oval dan berukuran kecil dengan diameter sebesar 15 cm saja.

Namun jangan sepelekan, meski ukurannya kecil, durian yang satu ini memiliki dagung yang cukup tebal. Selain itu, rasa yang dimilikinya sangat lezat dan manis. Hal ini tenru membuat siapapun yang mencobanya akan merasa puas.

4. Trenggalek

Salah satu daerah di Jawa Timur, terdapat sentra durian yang populer di Indonesia. Di Kabupaten Trenggalek, tepatnya Desa Durensari sudah lama mengembangkan budidaya durian. Hasil durian yang dihasilkan daerah ini juga memiliki kualitas sangat baik.

Bahkan desa ini menjadikan lahan durian ini menjadi desa wisata untuk memetik durian. Ditambah lagi, pemandangan alam yang disajikan begitu cantik, membuat pengunjung terpukau akan keindahannya ketika menikmati lezatnya buah durian.

Baca Juga: Banyak Diminati, Ini 5 Sentra Durian Terbesar yang Ada di Indonesia
Unik! Tampung Anjing Terlantar, Hasil Panen Petani Ini Justru Meningkat

5. Desa Sangkanwangi, Banten

Di daerah Banten, tepatnya Desa Sangkanwangi dikenal sebagai produsen durian yang sangat besar. Varietas yang dihasilkan oleh petani Desa Sangkanwangi ini juga cukup unik. Beberapa diantaranya disebut dengan nama durian hepi, durian matahari, ataupun durian otong.

Meski begitu, semua jenis durian tersebut memiliki sama-sama memiliki rasa yang sangat manis. Hal ini tentu akan membuat para pengunjung tertarik untuk mencobanya. Dijamin penikmatnya akan merasakan sensasi durian besar yang sangat nikmat.