Segera Lakukan Pengecekan, Ini Tanda Tanaman Hias Kelebihan Air

Daftar Nama Tanaman Hias Anti Polutan

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 26 Januari 2023 | 07:00 WIB

Sariagri - Beda jenis tanaman hias berbeda juga kebutuhan air yang diperlukan. Sebagai contoh, kaktus dan sirih gading merupakan tanaman yang tahan terhadap cuaca panas sehingga tidak membutuhkan banyak air. Sementara pakis, lebih menyukai cuaca lembab yang stabil.

Menyiram tanaman merupakan rutinitas yang perlu dilakukan secara berkala agar tanaman bisa dapat tumbuh. Namun, jika terlalu sering disiram, tanaman juga bisa mati karena kelebihan air.

Nah, berikut tanda tanaman hias kesayanganmu kelebihan air.

1. Daun menguning

Menurut konsultan tanaman hias Stu Wilson, alias Plantastic Mr. Fox, daun yang menguning adalah salah satu tanda utama tanaman kelebihan air.

Disisi lain, tanaman yang kekurangan air juga menyebabkan daun menguning. Untuk mengetahuinya secara detail, kamu bisa menempelkan jari di tanah untuk memeriksa tingkat kelembapannya, sehingga penyebab daun yang menguning dapat diketahui.

2. Tanah selalu basah saat disentuh

Jika belum menyiram tanaman dalam satu atau dua hari, rasakan tanahnya sekitar satu inci di bawah permukaan. Jika masih lembab dari waktu terakhir menyiram, ini bisa jadi tanda tanaman terlalu banyak disiram air.

Pastikan untuk memilih pot dengan lubang drainase yang baik untuk mencegah kelebihan air menggenang di tanah.

3. Tanah menarik hama

Agas dan hama lainnya menyukai tanah yang lembab. Jika kamu memperhatikan hama melayang-layang di sekitar tanaman, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa tanaman.

Kamu juga dapat melihatnya dengan mengaduk tanaman secara perlahan dari wadahnya dan memeriksa sistem akarnya. Jika masalahnya adalah kelebihan air, akar akan terlihat gelap dan terasa lembek saat disentuh.

Selain itu, tanah tanaman juga dapat mengeluarkan bau asam karena bakteri menyukai genangan air di sekitar akar tersebut.

4. Batang lunak dan licin

Masih dari sumber yang sama, Wilson mencatat batang yang lembut dan licin adalah tanda lain dari tanaman terlalu sering disiram. Ini muncul karena seluruh tanaman menyerap terlalu banyak kelembaban dan mulai mengembang dan kehilangan kekencangannya.

Baca Juga: Segera Lakukan Pengecekan, Ini Tanda Tanaman Hias Kelebihan Air
Anti Ribet, Ini Tips Merawat Tanaman Rambat di Rumah

5. Daun memiliki tepi atau bintik-bintik kecoklatan

Terkadang, jika daun menyerap terlalu banyak air, sel-selnya menjadi terlalu jenuh dan pecah sehingga menyebabkan bintik-bintik coklat terbentuk. Sayangnya, bintik-bintik gelap pada daun juga bisa jadi tanda tanaman kekurangan air.

Jika warna cokelat muncul di sepanjang tepi daun ini menunjukkan tanaman kelebihan air, sementara bercak di tengah daun sering menandakan tanaman kekurangan air.