Gubernur Lampung Minta Optimalkan Perkebunan Kopi demi Penguatan Ekonomi

Ilustrasi - Hasil perkebunan kopi. (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 24 Januari 2023 | 23:00 WIB

Sariagri - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, melakukan penguatan ekonomi rakyat dengan mengoptimalkan perkebunan kopi. Hal itu bisa dilakukan melalui diversifikasi intercroping dan crop livestock ternak kambing dengan kopi untuk meningkatkan pendapatan petani.

"Mengingat PDRB perkapita Lampung Barat, saat ini terendah di Provinsi Lampung 24 juta per tahun per jiwa. Juga hilirisasi hortikultura seperti cabai dan tomat yang saat panen harga jual jatuh sehingga perlu dilakukan program hilirisasi terhadap produksi hortikultura," ujarnya saat silahturahmi bersama Forkopimda di Sekolah Kopi Pekon (Desa) Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya, Selasa (24/1)

Ia menjelaskan bahwa Pemprov Lampung juga akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan provinsi.

"Pembangunan ruas Pekon Balak - Suoh, Pembangunan ruas Suoh – Sp. Blok 9, pembangunan Sp. Trimulyo - Bungin – SP Tugu Sari, pemeliharaan Liwa – batas Sumatera Selatan," tuturnya.

Selanjutnya dia meminta, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, kedepannya dapat berkontribusi dalam menjalankan pembangunan di Lampung.

"Saya ingin menegaskan, untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, kecamatan hingga Pekon," ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Lampung Minta Optimalkan Perkebunan Kopi demi Penguatan Ekonomi
Konsumsi Kopi di Asia Meningkat Tajam, Petani Didorong Tanam Kopi

Menurut Arinal, untuk membangun Provinsi Lampung perlu adanya dukungan semua pihak seperti silahturahmi yang dilakukan pada saat ini.

"Pada momen yang penting ini, mari kita awali tahun 2023 dengan niat melaksanakan seluruh program pembangunan yang lebih baik dan yang langsung menyentuh rakyat," kata Arinal.