Kondisi Petani Tembakau Memprihatinkan

Ilustrasi petani tembakau. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 16 Februari 2023 | 17:00 WIB

Sariagri - Anggota Komisi I DPR RI Slamet Ariyadi menyoroti kondisi petani tembakau di Kabupaten Pamekasan, Madura. Menurutnya, para kondisi para petani begitu memprihatinkan.

"Nasib para petani tembakau di pulau Madura, sangat memprihatinkan, dalam arti harga yang mereka jual tidak terjangkau,” ujarnya.

Sebagai putra asli Madura, ia ingin menyampaikan masalah ini dalam rapat dengan pihak-pihak terkait di parlemen, sehingga nasib para petani mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Lantas, sangat relevan ketika DPR RI menggodok Rancangan Undang-Undang Tembakau. Ia berharap ini bisa memberi perlindungan di bawah payung hukum yang jelas kepada petani tembakau.

"Sebetulnya RUU ini di buat bukan untuk pro kepada pedagang atau pemain, tetapi RUU ini di buat lebih kepada keberpihakan ke petani tembakau, sehingga nasib mereka lebih mendapatkan perhatian dari pemerintah,” papar Slamet Ariyadi.

Baca Juga: Kondisi Petani Tembakau Memprihatinkan
Gudang Rokok Belum Dibuka, Petani Tembakau Probolinggo Bakar Hasil Panen

Politisi Partai Amanat Nasional ini berjanji akan mengawal pembahasan RUU Tembakau, dan memperjuangkannya bersama pihak-pihak terkait di parlemen.

"Kami akan melakukan kompromi baik dengan komisi XI ataupun dengan Baleg juga komisi IV, untuk mencari solusi melalui UU yang akan di bentuk, demi menjamin kesejahteraan para petani tembakau baik di pulau Madura ataupun petani-petani tembakau di tanah air,”pungkasnya.