A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Undefined array key -1

Filename: controllers/Article.php

Line Number: 597

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 597
Function: _error_handler

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

Target Swasembada Gula 2024, Kementan Tingkatkan Produksi Tebu

Target Swasembada Gula 2024, Kementan Tingkatkan Produksi Tebu

Ilustrasi limbah tebu. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Yoyok - Rabu, 22 Februari 2023 | 15:00 WIB

Sariagri - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan terus berupaya  memenuhi ketersediaan dan kebutuhan gula nasional. Langkah ini dilakukan demi mencapai swasembada gula konsumsi tahun 2024. Kementan berupaya mendorong peningkatan produksi gula melalui ekstensifikasi dan intensifikasi Tebu.

“Demi mencapai swasembada gula konsumsi tahun 2024 Kementerian Pertanian berupaya mendorong peningkatan produksi gula melalui ekstensifikasi penambahan luas areal tanaman tebu dan intensifikasi melalui bongkar ratoon dan rawat ratoon,” ujarDirektur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah dalam keterangannya, dikutip Rabu (22/2).

Selain itu, kata dia, pemerintah juga terus mempercepat produksi melalui Penyiapan benih tebu berjenjang (kebun benih) dan penataan varietas, Penerapan sistem pembelian tebu (SPT) sesuai remenden yang dihasilkan dan penerapan pola Kemitraan PG dengan petani dalam satu manajemen, serta Pemanfaatan lahan tidur atau lahan perhutani melalui kerjasama pengelolaan lahan untuk mengurangi biaya sewa lahan.

“Semoga dengan adanya berbagai upaya dan langkah strategis yang kita lakukan ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan produksi sehingga pemenuhan kebutuhan gula maupun tebu nasional dapat terpenuhi,” ucap Andi

Pada kesempatan yang berbeda, Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Ditjen Perkebunan Kementan Ardi Praptono menjelaskan selain upaya swasembada gula nasional baik untuk konsumsi dan industri, Pemerintahan Indonesia juga mencanangkan Program Bioetanol dari Tebu untuk ketahanan energi pada November 2022 lalu.

Lebih lanjut, Ardi menyampaikan, program ini sebagai solusi peningkatan produksi Bioetanol nasional di tahun 2030. Bioetanol tebu dapat menjadi campuran BBM jenis minyak bensin.

"Ini merupakan potensi besar. Energi yang dihasilkan dari 1 ton tebu setara dengan 1,2 barel crude oil. Diharapkan Bioetanol tebu dapat memperkuat ketahanan energi Indonesia, sekaligus meningkatkan motivasi petani dan pabrik gula sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas tebu yang di hasilkan," harapnya.



Baca Juga: Target Swasembada Gula 2024, Kementan Tingkatkan Produksi Tebu
Kementan Fokus Hilirisasi Komoditas Kelapa Genjah