6 Cara Sederhana untuk Menjaga Kelestarian Bumi

Menanam Tanaman Jaga Kelestarian Bumi (Unsplash)

Editor: Idho - Jumat, 5 Juni 2020 | 16:00 WIB

SariAgri - Sering kita mendengar tentang kabar buruk yang menghantui Bumi. Mulai dari mencairnya es di Kutub, lautan yang penuh sampah, hingga spesies terancam punah. Ini semua tidak lepas dari faktor perubahan iklim serta pemanasan global yang semakin parah.

'Menyelamatkan Bumi' terdengar sangat berat, padahal kita bisa menjaganya dengan melakukan hal-hal sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kok. Berikut 6 cara sederhana untuk membantu menjaga bumi:

Kurangi Sampah Plastik, Botol dan Tumbler Berbahan Stainless Steel Jadi Solusi

Menjaga Kelestarian Bumi

Credit: Brightside.me

Penggunaan wadah botol plastik untuk konsumsi air telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat. Namun tahukah kamu jika materi plastik seperti kantong plastik, botol plastik yang terbuang ke lingkungan mencapai 10 miliar lembar per tahun atau sebanyak 85.000 ton kantong plastik.

Seperti diketahui, materi dari bahan plastik dapat menimbulkan bahaya baik bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Oleh karenanya penggunaan botol minum tumbler adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik dari kemasan air minum yang di konsumsi sehari-hari.

Mencuci Lebih Jarang Ternyata Bisa Ikut selamatkan Bumi

Menjaga Kelestarian Bumi

Credit: Brightside.me

Mencuci baju pakai mesin cuci ternyata tidak ramah lingkungan, dan semakin sering men-dry clean baju juga berarti kamu ikut memboroskan energi. Untuk mengurangi dampak buruk pada lingkungan, saat mencuci baju pakailah deterjen yang lembut, hindari pemutih, memakai air dingin dan hanya mencuci baju yang benar-benar kotor.

Kurangi Penggunaan Tisu

Menjaga Kelestarian Bumi

Credit: Brightside.me

Tisu adalah salah satu produk hasil ekstraktif hutan. Sama halnya dengan kertas, tisu dibuat dari bubur kertas (pulp) berbahan baku serat kayu. Untuk memproduksi tisu harus ada pohon yang ditebang. Itu berarti, semakin besar permintaan tisu, semakin besar jumlah pohon yang harus ditebang. Ganti tisu dengan sapu tangan atau kain.

Dukung petani Lokal

Menjaga Kelestarian Bumi

Credit: Brightside.me

Membeli barang lokal melawan polusi udara dengan dua cara. Kamu tidak harus pergi jauh-jauh untuk mendapatkan keperluan kamu, dan produknya juga tidak harus jauh-jauh diantar untuk sampai kepada kamu.

Dengan membuat pilihan cerdas tentang asal-usul makanan, pakaian, serta barang-barang kamu yang lain dapat membantu menekan polusi udara. Belanja di pasar petani dan beli makanan yang dihasilkan sedekat mungkin dari rumah kamu.

Baca Juga: 6 Cara Sederhana untuk Menjaga Kelestarian Bumi
Berikut Penetapan Harga TBS Sawit Sumsel Periode II pada Mei 2020

Daur Ulang Itu Menyenangkan

Menjaga Kelestarian Bumi

Credit: Brightside.me

Di rumah saja, ternyata kamu bisa menjadi pahlawan lingkungan loh, tentu bersama keluarga. Sembari memilah sampah yang bisa dijadikan pupuk tanaman, kamu juga bisa memilah sampah plastik untuk menyelamatkan bumi. Masalah sampah bukan pada daur ulang saja, untuk menyelamatkan bumi, maka kamu harus mengurangi pengunaan plastik.

Tanam Kebunmu Sendiri

Menjaga Kelestarian Bumi

Credit: Brightside.me

Tidak perlu menunggu jika memang ingin menyelamatkan bumi. Kita sekarang ini sering ikutan berkoar-koar menandatangani petisi untuk lingkungan hidup, tapi coba deh tengok lingkungan kita sendiri seperti yang ada di sekitar rumah. Apa sudah dibenahi? Yuk mulai dengan menanam sedikit tumbuhan dirumah, manfaatnya banyak kok!

Video Terkait