Manfaat Getah Pinus Bagi Industri yang Jarang Diketahui

Ilustrasi getah pohon pinus (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Sabtu, 4 Juli 2020 | 07:30 WIB

SariAgri - Pohon pinus yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Sumatera memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan industri. Getah pohon pinus (terpentin) dapat membantu meredakan stres

Berdasarkan hasil penelitian di Universitas Kyoto Jepang, aroma dari pohon pinus memiliki efek terapi yaitu mengurangi stres. Untuk meredakan stres caranya dengan menggunakan aromaterapi dari getah pinus.

Selain itu, getah pinus juga membantu meredakan gangguan pernafasan. Penderita bronchitis atau penyakit pernafasan lainnya seperti sinus, pilek dan sesak nafas dapat memanfaatkan minyak essensial dari pinus. Caranya dengan menghirup aroma minyak essensial pinus yang telah dicampur air panas. 

Getah pohon pinus juga banyak dimanfaatkan untuk industri. Terpentin dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kosmetik, minyak cat, campuran bahan pelarut, antiseptik, kamper dan farmasi, terutama sebagai pengencer dalam industri cat.

Berikut manfaat getah pohon pinus untuk industri:

1.Bahan baku cat 

Getah pinus dimanfaatkan untuk industri pembuatan cat. Berbeda dengan bahan lain, cat dari getah pinus memiliki kelebihan karena getah pinus terbuat dari bahan alami.

2. Pelapis ban bagian luar

Selain sebagai bahan pembuatan cat, getah pinus juga berkontribusi di dunia otomotif. Di industri otomotif, getah pinus diproduksi sebagai pelapis ban bagian luar. Fungsi pelapis untuk melindungi ban saat melaju sehingga tidak gampang bocor.

3. Bahan baku plastik

Pastik sudah menjadi bagian dalam kehiduoan masyarakat, terutama di perkotaan. Salah satu fungsi plastik sebagai membungkus makanan. Getah pinus bisa diolah menjadi bahan baku plastik. Berbeda dengan plastik pada umumnya, plastik yang terbuat dari getah pinus lebih ramah lingkungan karena dari bahan alami

Baca Juga: Manfaat Getah Pinus Bagi Industri yang Jarang Diketahui
Mengenal Tujuh Jenis Madu Asli Indonesia

4. Bahan baku sabun

Manfaat lain getah pinus dalam industri adalah sebagai bahan baku pembuatan sabun. Gatah pinus banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku sabun karena hasilnya yang dinilai lebih baik dalam membersihkan kotoran.

5. Bahan baku lem

Getah pinus merupakan salah satu bahan pembuatan lem. Berbeda dengan lem lainnya, lem yang terbuat dari getah pinus berwarna bening. (Monica Adelina)

Video Terkait