Gandeng 1000 Warung Populerkan Nikmatnya Kopi Sirap Hasil Petani Lokal

Perangkat Camat Jambu Kabupaten Semarang berusaha keras kenalkan kopi lokal warganya dengan menggandeng 1000 warung (23/10) (Sariagri/ Aji Dewanto)

Penulis: Andry, Editor: Redaksi Sariagri - Jumat, 23 Oktober 2020 | 17:30 WIB

SariAgri - Untuk memperkenalkan kopi Sirap, yakni kopi lokal hasil pertanian warga di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Pemerintah Kecamatan jambu menggandeng sedikitnya 1000 warung yang ada di Kabupaten Semarang.

Gebrakan yang dimotori Camat Jambu Moh Edy Sukarno ini dinilai sangat efektif untuk memasarkan hasil budi daya kopi sirap. Pasalnya, warga yang biasa minum kopi pabrikan menjadi tahu nikmatnya kopi lokal hasil petani mereka sendiri.

"Untuk tahap awal kita produk kopi kita  sebar di 1000 warung yang kita gandeng, jumlahnya ada 18 ribu kantung," ujar Edy Sukarno, Jumat (23/10).

Dalam promosi tersebut,  Edy juga mengajak kelompok tani  dan Badan Usaha Milik Desa  (Bumdes) Tani Makmur , untuk mendistribusikan Kopi Sirap ke warung-warung yang ada di Kabupaten Semarang. Ini disambut antusias oleh kelompok tani, karena secara otomatis hasil produksi kopi mereka tersebar luas minimal di Kabupaten Semarang.

Baca Juga: Gandeng 1000 Warung Populerkan Nikmatnya Kopi Sirap Hasil Petani Lokal
Kelompok Tani Teh dan Kopi Garut Raih Sertifikat Organik Internasional

"Kita nanti akan koordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Semarang untuk turut memperkenalkan dan mempromosikan kopi ini ke kabupaten atau kota yang lain," katanya.

Dari segi rasa dan kualitas. produk Kopi Sirap  yang notobene produk tingkat kecamatan , ternyata  mampu bersaing dengan produk kopi yang sudah bermerk. (Sariagri/Aji Dewanto)

Berita Perkebunan - Baca Juga: Perkenalkan Sorgum, Tanaman Pangan yang Tahan Terhadap Musim Kemarau
Pakar: Benih dengan Postur Tinggi Cocok untuk Lahan Rawa