Geliat Ekspor CPO Asal Merauke ke Negeri Bollywood

Ilustrasi - Perkebunan kelapa sawit. (Antara)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 10 Agustus 2021 | 13:00 WIB

SariAgri - Pandemi COVID-19 tidak menghalangi semangat petani, pelaku usaha dan instansi di Merauke untuk menunjukkan kinerja terbaiknya. Karantina Pertanian Merauke mencatat peningkatan ekspor produk turunan kelapa sawit berupa minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) asal Merauke ke India.

"Ini merupakan capaian yang sangat menggembirakan, mengingat wilayah Papua bagian Selatan khususnya cakupan wilayah kerja dari Karantina Pertanian Merauke merupakan penyuplai CPO terbesar di Provinsi Papua," ujar Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman, Senin (9/8/2021).

Baru-baru ini, Karantina Pertanian Merauke melakukan tindak karantina terhadap 6,4 ribu ton CPO. Menurut Sudirman, komoditas itu diberangkatkan menggunakan Kapal MT. CHANG AN 1 V.2109C dari Asikie, Boven Digoel dengan tujuan negeri Bollywood.

"Selain Boven Digoel, masih banyak kabupaten lain yang memiliki komoditas pertanian unggulan dan perlu terus kita dorong," jelasnya.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Bambang mengatakan hal sejalan dengan pesan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk terus mingkatkan ekspor komoditas pertanian.

Selain memperkuat sistem perkarantinaan, pihaknya juga mengawal upaya peningkatan ekspor komoditas pertanian melalui Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor komoditas pertanian (Gratieks) guna mencapai target peningkatan hingga tahun 2024.

Baca Juga: Geliat Ekspor CPO Asal Merauke ke Negeri Bollywood
Petani Sawit di Aceh Keluhkan Pabrik Kelapa Sawit yang Buat Potongan Harga Cukup Tinggi

"Ekspor bukan hanya soal angka, tapi mengenai kebanggaan. Saya yakin dengan semangat yang sama, kita mampu mencapai target Gratieks sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional akibat pandemik Covid-19," katanya.

Untuk diketahui, aktivitas ekspor produk asal subsektor perkebunan sepanjang tahun 2021 telah berlangsung tiga kali dengan total 20,02 ribu ton atau menyumbang 11,34 persen dari total ekspor CPO secara nasional.

Video terkait:

Video Terkait