4 Manfaat Minyak Cengkeh, Atasi Masalah Kulit Hingga Meningkatkan Peredaran Darah

Minyak Cengkeh. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Rabu, 25 Agustus 2021 | 20:30 WIB

Sariagri - Cengkeh adalah rempah asli Indonesia yang sering ditemukan pada bumbu masakan dan obat-obatan herbal. Salah satunya diolah menjadi minyak yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan tubuh.

Melansir berbagai sumber, minyak cengkeh atau minyak esensial ini diproduksi dengan cara menyuling kuncup bunga kering yang ada di pohon cengkeh. Bagian lain seperti batang dan daunnya juga dapat digunakan sebagai bahan utama untuk memproduksi minyak cengkeh.
Umumnya, minyak cengkeh berwarna bening. Namun, dari beberapa hasil saringan, minyak cengkeh bisa berwarna kuning muda dan memiliki aroma yang kuat serta pedas.

Berikut empat manfaat minyak cengkeh, mulai dari atasi masalah kulit hingga meningkatkan peredaran darah dalam tubuh.

Pertama, mengatasi masalah kulitMinyak cengkeh dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kulit kering. Cara menggunakannya cukup mudah, oleskan minyak tersebut ke kulit kering, lalu seka dengan kain bersih.

Tak heran, minyak cengkih juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam produk kecantikan. Minyak ini ditemukan dalam produk perawatan untuk mengurangi bekas luka, mengatasi kantung mata, dan meredakan bengkak di kulit.

Kedua, mengatasi sakit perutMinyak cengkeh tidak hanya untuk obat luar, tetapi juga bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit perut. Minyak esensial ini mengandung zat eugenol yang dipercaya membantu meredakan rasa tidak nyaman di pencernaan. Selain itu, minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung, cegukan, dan mabuk perjalanan.

Cara mengonsumsinya jangan langsung ditelan mentah-mentah, ya Sobat Agri. Sebaiknya tuang beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam air matang, aduk sampai tercampur, lalu diminum.

Ketiga, perawatan rambut. Minyak cengkeh dipercaya dapat mengurangi kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Apabila dioleskan secara rutin, minyak cengkeh diyakini dapat mengembalikan sinar kemilau rambut yang kusam.

Cara mendapatkan khasiatnya, Sobat Agri bisa mencampur minyak cengkeh dengan minyak zaitun. Setelah keramas menggunakan sampo, oleskan campuran kedua minyak tersebut ke batang rambut dan balut dengan handuk yang direndam air hangat. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Cengkeh, Atasi Masalah Kulit Hingga Meningkatkan Peredaran Darah
Waspada, Serangan Penyakit Tanaman Mengintai Saat Musim Hujan

Keempat, meningkatkan peredaran darah. Minyak cengkeh sering dijadikan salah satu bahan dasar untuk membuat balsem. Pasalnya, cengkeh memiliki zat aktif yang membantu melancarkan aliran darah dan membantu mengurangi rasa sakit di tubuh.

Tak heran, minyak cengkeh sering dimanfaatkan untuk meredakan tegang akibat sakit kepala. Sedangkan, jika digunakan sebagai campuran aromaterapi, minyak cengkeh tidak sekadar melancarkan peredaran darah, tetapi juga dapat membuat otak lebih terstimulasi. Efeknya, pikiran Sobat Agri jadi fokus dan tubuh lebih berenergi.