Termasuk AS dan Jerman, Ekspor Santan Kelapa Sumut Tembus 11 Negara

Ilustrasi - Santan kelapa.(Pxfuel)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 8 September 2021 | 10:15 WIB

Sariagri - Balai Karantina Pertanian Belawan terus berupaya mendorong ekspor santan kelapa Sumatera Utara (Sumut) karena potensinya masih sangat besar. Hingga saat ini santan kelapa Sumut sudah menembus pasar 11 negara termasuk Amerika Serikat (AS) dan Jerman.

"Hingga Agustus 2021 ekspor santan kelapa Sumut ke berbagai negara itu sudah sebanyak 3.487 ton dengan nilai Rp83,2 miliar," ujar Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto.

Sumut adalah salah satu sentra produksi terbesar kelapa yang merupakan bahan baku santan. Selain AS dan Jerman, ekspor santan kelapa Sumut di antaranya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Thailand, Malaysia, Singapura, Australia dan Swedia.

Baca Juga: Termasuk AS dan Jerman, Ekspor Santan Kelapa Sumut Tembus 11 Negara
Limbah Kelapa Potensial di Pasar Ekspor Jadi Salah Satu Komoditas Petani Milenial

Menurut dia, volume ekspor santan kelapa Sumut hingga Agustus 2021 lebih tinggi dari penjualan sepanjang 2020. Pada 2020, ekspor santan kelapa Sumut 3.063 ton senilai Rp58,88 miliar dengan negara tujuan hingga Brunei dan Taiwan.

"Kenaikan volume dan nilai ekspor santan kelapa itu menggembirakan, apalagi terjadi di tengah ada pandemi COVID-19," ujar Andi Yusmanto, Selasa (7/9/2021).

Video terkait: