Resmikan Pabrik Pupuk Hayati Bioneensis, Erick Thohir: 2025 Swasembada Gula Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir (Antara Foto/RIvan Awal Lingga)

Editor: Reza P - Sabtu, 18 September 2021 | 23:00 WIB

Sariagri - Menteri BUMN Erick Thohir resmikan pabrik pupuk hayati Bioneensis di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu, sebagai hasil kerja sama antara PT Industri Gula Glenmore dan PT Riset Perkebunan Nusantara, yang merupakan anak usaha holding perkebunan PTPN III (Persero).

Melalui siaran langsung daring yang dipantau dari Jakarta, Sabtu (18/9), Erick berharap langkah yang dilakukan PTPN III bisa turut mendukung target swasembada gula nasional pada 2025.

"Kita sudah melihat keberadaan PTPN ini harus menjadi manfaat buat petani. Sekarang kita lihat, kita mau PTPN ini bisa jaga keseimbangan gula nasional," katanya.

Erick menuturkan produksi gula PTPN saat ini sudah meningkat menjadi sekitar 800 ribu ton.

Jumlah tersebut masih belum cukup memenuhi kebutuhan nasional sehingga pemerintah masih membuka keran impor.

"Tetapi untuk 2024-2025, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kita mengharapkan kita bisa mulai menata swasembada beras dan gula," katanya.

Erick menyebut pada 1930-an, Indonesia menjadi salah satu negara produsen gula dunia. Namun, prestasi itu terus menurun hingga pascakemerdekaan.

"Pada 2025, kita mulai kembali swasembada. Kita berupaya, kita kerja maksimal. Tapi, saya harapkan kinerja PTPN, apalagi kemarin habis restrukturisasi, sekarang sudah terlihat," katanya.

Direktur Utama PTPN III Mohammad Abdul Ghani mengatakan pihaknya akan jadi bagian dari upaya mendukung target swasembada gula.

"Pada 2024, target kami adalah 1,8 juta ton produksi gula," katanya.

Dalam rangkaian kunjungannya, Erick menyempatkan diri meninjau kebun tebu, memberikan bantuan bibit dan pupuk ke petani tebu, serta meninjau pabrik gula Glenmore.

Pupuk Bioneensis merupakan pupuk hayati yang diformulasikan untuk semua komoditas tanaman.

Bioneensis mengandung konsorsium mikroba bermanfaat yang diisolasi dari perakaran kelapa sawit dan memiliki daya adaptasi serta asosiasi yang tinggi pada berbagai komoditas seperti tanaman perkebunan, tanaman pangan, sayuran, dan hortikultura di antaranya kelapa sawit, tebu, jagung, padi, sayuran, cabai, jeruk, tanaman hias, papaya, dan bawang merah.

Baca Juga: Resmikan Pabrik Pupuk Hayati Bioneensis, Erick Thohir: 2025 Swasembada Gula Nasional
Ini Alasan APTRI Dukung Pembentukan BPDP Tebu

Produk ini mengandung bakteri penambat nitrogen, bakteri pelarut fosfat, dan bakteri penghasil indole acetic acid (IAA) yang berperan sebagai plant growth promoting rhizobacteria (PGPR).

Khusus untuk pabrik Bioneensis di Banyuwangi, limbah tebu akan jadi bahan baku pupuk yang kemudian kembali dimanfaatkan untuk perkebunan tebu.