Mengenal Teh 'Silaturahmi', Perpaduan Teh dengan Rempah Hingga Biji Cokelat

Teh Silaturahmi di Pasar Tani Goes to Mall.(Sariagri/Istihanah)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Sariagri - Teh merupakan jenis bahan minuman yang dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti rempah-rempah, buah hingga bunga. Peluang ini telah banyak dimanfaatkan pelaku usaha, termasuk Ifa Syarifah asal Bandung, Jawa Barat. 

Di bawah merek dagang Arafatea, Ifa menciptakan inovasi teh bekerja sama dengan petani dari berbagai daerah di Indonesia. Produk teh itu disebutnya sebagai teh silaturahmi.

"Saya punya teh rempah terus teh dengan biji cokelat, teh dengan cinnamon. Jenis teh-teh tersebut merupakam teh silaturahmi," ujar Ifa saat ditemui Sariagri.id, Minggu (24/10/2021). 

Ifa menekankan pentingnya sinergi antar petani agar dapat menghasilkan produk inovasi di sektor pertanian. Dengan cara itu, lanjut Ifa, dirinya bisa menyerap produksi petani di sekitar kebun teh dan  daerah lain. 

"Jadi saya cinnamon-nya dari Kerinci, Jambi. Jadi petani teh di Jawa Barat kerja sama dengan teh di Jambi menghasilkan ini (teh cinamon). Kalau dengan ini Kolaka utara yang punya kakao dan saya punya teh jadi sinerginya ini (teh cokelat)," jelasnya. 

"Kalau dengan moringa atau kelor ini dengan NTT karena NTT terkenal dengan itu silaturahmi dengan bunga kering, buah dan lainnya. Jadi kami selalu kerja sama dengan petani sekitar dengan perkebunan teh untuk diserap," tambahnya.

Untuk menciptakan jenis-jenis teh itu, Ifa memanfaatkan teknologi yang disebut dehidrator. Teknologi itu membantu menyimpan air di dalam teh sehingga nantinya akan segar kembali setelah diseduh. Harga per kemasan teh silaturahmi dibanderol mulai dari Rp50 ribu tergantung ukuran dan kemasannya. 

Baca Juga: Mengenal Teh 'Silaturahmi', Perpaduan Teh dengan Rempah Hingga Biji Cokelat
Arafatea, Teh Premium Asal Bandung yang Sudah Diekspor ke Mancaegara

"Kami menggunakan teknologi dehidrator, jadi disimpan airnya ketika dicelupkan menjadi segar kembali. Artinya, dehidrator tidak mengubah zat. Jadi dia akan kembali segar bukan di-pan fyer atau dibakar atau dioven," jelasnya. 

Arafatea menjadi salah satu pengisi booth Pasar Tani Goes to Mall yang digelar oleh Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) di Green Sedayu Mall, Cengkareng, Jakarta Barat.  

Video Terkait