Jeruk Nagami, Kulitnya Bisa Dimakan dan Punya Banyak Manfaat

Jeruk nagami (Citrus japonica).(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 25 Oktober 2021 | 17:40 WIB

Sariagri - Ada beberapa jenis jeruk yang dapat dengan mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun supermarket. Jenis jeruk itu diantaranya jeruk Medan, jeruk Pontianak, jeruk Santang dan jeruk Bali.

Selain itu ada jenis jeruk unik yang kulitnya bisa dimakan dan memiliki banyak manfaat yaitu jeruk nagami (Citrus japonica). Daun jeruk ini mengandung minyak atsiri. Sedangkan buahnya mengandung gula, asam organik, serat, kalsium, mineral, zat besi serta vitamin A, B dan C.

Berikut manfaat jeruk nagami dirangkum dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk ini sangat kaya akan vitamin C. Vitamin ini merupakan salah satu antioksidan alami, yang berperan penting untuk sintesis kolagen dan penyembuhan luka.

Selain itu, vitamin C juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi, bakteri, jamur serta mencegah berbagai penyakit seperti batuk, pilek, radang sendi dan diabetes.

2. Menguatkan tulang dan gigi

Selain itu, jeruk nagami menjadi sumber mineral seperti kalsium, tembaga, kalium, mangan, besi, selenium dan seng. Kalsium merupakan elemen penting untuk pembentukan tulang dan gigi, mempercepat penyembuhan dan melindungi tulang agar tetap sehat dan kuat hingga usia tua.

3. Melancarkan pencernaan

Jeruk ini mengandung serat yang baik dalam tubuh. Mengkonsumsi delapan buah jeruk ini dalam sehari bisa membantu melancarkan saluran pencernaan dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi sehingga bisa mengobati sembelit, kembung, kram, dan radang usus.

4. Menjadi sumber energi

Dalam 100 gram jeruk nagami terkandung 71 kalori. Selain kandungan karbohidrat, ada juga riboflavin, zat dalam vitamin yang terlibat dalam mempercepat proses produksi energi. Karena itu, mengkonsumsi jeruk ini bisa melengkapi kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh.

5. Melawan radikal bebas

Jeruk ini kaya akan nutrisi. Kandungan buahnya bahkan merupakan sumber antioksidan tinggi seperti lutein, phytochemical, karoten, zeaxanthin, tanin, limonen, muurolene, dan caryophyllene. Semua senyawa itu sangat baik dalam melawan radikal bebas dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

Jeruk ini kaya akan nutrisi, termasuk kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat di dalamya. Kedua senyawa itu sangat bagus dan bermanfaat untuk mencegah masalah kulit seperti keriput, bintik-bintik penuaan, kulit kasar, dan kulit kusam.

Baca Juga: Jeruk Nagami, Kulitnya Bisa Dimakan dan Punya Banyak Manfaat
Di Indonesia Makin Menghilang, Malaysia Justru Terus Kembangkan Tanaman Ini

7. Menurunkan berat badan

Jeruk ini sangat baik dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Meski mengandung karbohidrat, buah ini rendah kalori, rendah natrium, dan nol kolesterol. Selain menurunkan berat badan, kandungan seratny juga berfungsi menekan nafsu makan.

8. Merawat kesehatan mata

Jeruk nagami kaya akan vitamin, termasuk vitamin A dan beta-karoten. Senyawa ini berkombinasi sebagai antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif dalam sel mata. Dengan begitu, kesehatan mata akan terjaga dan dapat mencegah degenerasi sel-sel mata serta mengurangi perkembangan katarak.

Video Terkait