Indonesia Kuasai 58 Persen Market Share Minyak Sawit Dunia

Tangkapan layar - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdhalifah Machmud.

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 16 Desember 2021 | 17:50 WIB

Sariagri - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdhalifah Machmud mengatakan Indonesia menguasai 58 persen market share minyak sawit dunia, dan berkontribusi terhadap minyak nabati dunia 40 persen.

“Kontribusi kelapa sawit dengan luas lahan yang hanya sebesar 35 juta hektare dapat memenuhi 40 persen kebutuhan minyak nabati dunia,” ujarnya dalam webinar nasional industri kelapa sawit ‘Menjawab Tantangan Masa Depan Sawit Indonesia’, Kamis (16/12/2021).

Musdhalifah menjelaskan potensi kelapa sawit di Indonesia lainnya yaitu mampu menciptakan lapangan kerja di sektor industri sawit. Kehadiran perkebunan sawit membangun perekonomian provinsi dan kabupaten di wilayah itu.

“Yang tadinya tidak mempunyai akses kepada pendidikan yang lebih baik, sosial dan informasi yang lebih baik sekarang mereka terbuka dan memiliki akses yang lebih baik terhadap kesehatan, pendidikan dan kemudahan-kemudahan lainnya,” jelasnya.

Dia mengungkapkan berdasarkan hasil rekonsiliasi tutupan kelapa sawit nasional mencapai luasan sebesar 16.381.959 juta hektare dimana perkebunan negara 0,98 persen, perkebunan rakyat yang terus tumbuh menjadi 41 persen dan swasta 53 persen.

“Kita perlu pahami bahwa pertumbuhan perkebunan rakyat ini di mulai sejak tahun 1980, sedangkan perkebunan negara ini adalah hasil pengalihan dari aset kolonialisme menjadi aset nasional sejak jaman dahulu dan perkembangannya tidak terlalu kelihatan,” ungkapnya.

Potensi berikutnya dari kelapa sawit, lanjut dia, yaitu berkontribusi terhadap 13,66 persen ekspor non migas. Selain itu, kata dia, kelapa sawit juga berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 3,5 persen.

Baca Juga: Indonesia Kuasai 58 Persen Market Share Minyak Sawit Dunia
Begini Cara Pruning Kelapa Sawit yang Benar Agar Produktivitas Meningkat

Dia menambahkan sebaran tutupan kelapa sawit Indonesia juga semakin meluas, di mana yang terbesar terjadi di Sumatera sekitar 62,3 persen atau 10,1 juta hektar dan Kalimantan 34,2 persen atau sebesar 5,7 juta hektar.

“Dan yang lainnya menyebar ada di Sulawesi 365 ribu hektar, Jawa 33 ribu hektar, serta di Papua 1,1 persen,” tandasnya.

Video terkait:

 

Video Terkait