Kenapa Minyak Zaitun Harganya Mahal? Ini Penjelasannya

Minyak Zaitun (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Rabu, 5 Januari 2022 | 16:20 WIB

Sariagri - Minyak zaitun dikenal karena manfaatnya yang baik untuk tubuh. Minyak ini juga dikenal lebih bagus ketimbang minyak sawit.

Meski demikian, harga minyak zaitun cukup mahal. Meski sudah banyak di pasaran tetapi belum tentu semua orang dapat membelinya.

Lantas, kenapa minyak zaitun berharga cukup mahal? Dilansir dari sejumlah sumber, minyak zaitun mengandung asam lemak dan antioksidan yang baik untuk mencegah berbagai penyakit seperti kardiovaskular, kelainan saraf hingga kanker paru-paru dan usus.

Dalam 100 ml minyak zaitun terkandung total 884 kalori (44 persen AKG harian) dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal.

Minyak zaitun juga diperkaya oleh omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72 persen kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75 persen kebutuhan harian tubuh.

Baca Juga: Kenapa Minyak Zaitun Harganya Mahal? Ini Penjelasannya
Arab Saudi Tetapkan 2022 sebagai 'Tahun Kopi Saudi'

Pembuatan minyak zaitun hanya melalui pencucian, dekantasi, sentrifugasi, dan penyaringan. Minyak zaitun pada dasarnya dihasilkan dari perasan buah zaitun.

Salah satu faktor yang membuat minyak zaitun mahal karena barang impor. Buah zaitun belum bisa tumbuh di Indonesia karena perbedaan iklim yang dibutuhkan yaitu subtropis.