Demi Generasi Mendatang, Malaysia Berencana Larang Rokok dan Produk Tembakau Lain

Puntung Rokok (Unsplash)

Editor: M Kautsar - Selasa, 18 Januari 2022 | 13:50 WIB

Sariagri - Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH) berencana memberlakukan Undang-Undang Pengendalian Tembakau dan Merokok di parlemen tahun ini.

Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin, mengatakan bahwa undang-undang yang lebih ketat ini akan menghasilkan generasi mendatang yang tidak merokok dan menggunakan produk terkait tembakau.

“Menurut hemat saya, ketentuan undang-undang ini harus segera dibuat agar suatu saat generasi muda kita yang terakhir tidak akan tahu apa itu rokok,” ujarnya.

Dia menjelaskan, undang-undang baru ini diperkirakan akan mengundang kontroversi, meski perlu mulai mengatur tren merokok.

“Tindakan ini juga akan memberikan apa yang diharapkan sebagai generasi akhir perokok di Malaysia untuk jangka panjang,” kata dia, dikutip dari World of Buzz.

Langkah ini terjadi setelah berbagai kampanye dan penambahan kawasan dilarang merokok. Selain itu, pertimbangan lainnya yaitu melihat tingkat kesadaran yang sama dengan melihat jumlah penerimaan pasien jantung, pasien kanker, dan lain-lain.

Khairy mengatakan pemerintah akan meninjau Undang-Undang Narkoba Berbahaya dan Undang-Undang Racun untuk kemungkinan masalah regulasi tentang penggunaan zat tanaman seperti ganja dan kratom, seperti yang dilaporkan oleh Utusan Malaysia.

“Hal ini agar dapat diterapkan untuk keperluan medis dengan diadaptasi sesuai dengan data dan bukti ilmiah serta temuan penelitian terkini di seluruh dunia,” tambahnya.

Dia berharap amandemen dan pengesahan undang-undang tersebut akan menjadi sumber kekuatan bagi kementerian dan membawa harapan bagi orang-orang yang telah lama menunggu perubahan ini dilakukan.

Video Terkait