Kolaborasi Dua Perusahaan Besar Kembangkan Robot Pekerja Kebun Anggur

Ilustrasi - Perkebunan anggur. (Pexels)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 1 Februari 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Kubota menjalin kemitraan dengan Tesla untuk mengembangkan robot lapangan yang dikendalikan kecerdasan buatan. Pada tahap awal kemitraan ini akan fokus ke mesin yang membantu menanam anggur.

Kubota dikenal sebagai produsen mesin pertanian terkemuka di dunia untuk ladang dan sawah. Sementara Tesla merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif.

Melalui kemitraan itu, Kubota meminta salah satu pendiri dan insinyur Tesla, Ian Wright untuk mengembangkan robot lapangan. Menurut Nikkei Asia, Kubota berharap kemitraanya dengan Ian Wright dapat menarik sosok berpengalaman dalam AI dan teknologi kendali otomatis ke unit penelitiannya yang baru. \

Sekitar 50-60 insinyur, termasuk dari Kubota akan bekerja di fasilitas unit di Lembah Silikon dan di tempat lain.

Melansir Future Farming, Kubota mengalokasikan puluhan juta dolar untuk proyek itu selama beberapa tahun ke depan. Targetnya robot penanam yang bergerak sendiri di sekitar kebun anggur.

Kecerdasan buatan akan diandalkan untuk menganalisis gambar dari kamera untuk memilih cabang yang dipangkas dan memeriksa kondisi buah anggur. Inovasi itu merupakan salah satu upaya Kubota mengantisipasi permintaan dari pertanian Pantai Barat AS yang selama ini menggunakan peralatan pertanian konvensional.

Ke depan, perusahaan berencana menciptakan robot yang membantu menangani panen hasil pertanian. 

Video terkait:

Video Terkait



Baca Juga: Kolaborasi Dua Perusahaan Besar Kembangkan Robot Pekerja Kebun Anggur
Canggih! Ini Mesin Tanam Padi yang Digunakan Presiden Jokowi Ketika di Trenggalek