Ini Kebaikan Kakao yang Tak Banyak Diketahui Orang

Ilustrasi - Hasil perkebunan kakao.(Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 1 Maret 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Siapa sih yang tidak suka dengan coklat, dari yang anak-anak hingga dewasa tentu menyukai cemilan yang satu ini. Namun, banyak yang beranggapan jika terlalu banyak memakan coklat tidak baik untuk kesehatan.

Padahal kakao merupakan bahan baku dari pembuatan coklat yang memiliki banyak khasiatnya lho.

Kakao adalah bubuk yang dibuat dari bijinya dengan cara dihancurkan dan dihilangkan lemaknya, lalu diolah dan dijadikan coklat. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Proteome kandungan fosfor, protein, zat besi, flanol, hingga magnesium pada coklat bisa menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Ini Kebaikan Kakao yang Tak Banyak Diketahui Orang


1. Mengurangi Gejala Depresi

Flanol yang terdapat pada bubuk kakao dipercaya mampu mengendalikan suasana hati dan mengatasi gejala depresi. Selain itu, bubuk kakao juga bisa meningkatkan kadar serotonin, suatu neurotransmitter yang bertindak sebagai anti-depresan.
Dalam penelitian yang pernah dilakukan menemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi coklat selama 2 minggu, dapat memberikan ketenangan dan kepuasan, yang dimana hal tersebut sangat baik untuk psikologis kamu.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Alih-alih membuat gendut, ternyata bubuk kakao memiliki manfaat dalam mengatur berat badan. Bubuk kakao juga berperan mengurangi nafsu makan, mengatur penggunaan energi, dan meningkatkan oksidasi lemak dan mempertahankan perasaan kenyang.

Hal ini juga buktikan dalam sebuah riset yang dilakukan Archives of Internal Medicine, para ahli menemukan bahwa orang yang sering makan coklat dipercaya memiliki Indeks Masa Tubuh yang rendah dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi cokelat. 


3. Mencegah Penuaan Dini

Setiap orang mendambakan untuk tetap sehat dan awet muda. Nah, hal ini bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi bubuk kakao loh. Antioksidan yang ada pada kakao, bisa mencegah kerusakan sel yang menyebabkan seseorang tampak lebih tua.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi flanol yang ada di bubuk kakao tidak hanya berperan dalam mengatasi depresi, akan tetapi juga mampu meningkatkan fungsi otak dan aliran darah dengan cara meningkatkan produksi oksida nitrat. Ini artinya, kandungan ini juga dapat melemaskan otot-otot pembuluh darah, sehingga meningkatkan pasokan darah ke otak.

Baca Juga: Ini Kebaikan Kakao yang Tak Banyak Diketahui Orang
Tak hanya Tebu, Singkong Juga Bisa Diolah Menjadi Gula



5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan dalam kakao dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Semakin sensitif insulin, maka proses penyerapan juga semakin baik, sehingga tidak akan terjadi penumpukan gula di dalam darah. 

Video Terkait