Mengenal Teh Tambi, Komoditas Wonosobo yang Dikenal Sampai ke Mancanegara

Ilustrasi perkebunan teh tambi (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 19 Maret 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Mengonsumsi teh secara teratur diyakini banyak orang dapat membuat usia lebih panjang. Pasalnya di dalam kandungan teh terdapat senyawa antioksidan yang mampu membuat tubuh menjadi kuat dan kebal dari serangan berbagai macam penyakit.

Berbicara soal teh, tentu tidak lepas dari negara kita. Indonesia adalah negara dengan perkebunan teh yang sangat luas. Hampir di setiap pulau, memiliki perkebunan teh dengan cirinya masing-masing. Salah satu diantaranya adalah Perkebunan Teh Tambi asli dari Wonosobo.

Perkebunan teh tambi ini telah dikenal sebagai salah satu pemasok teh terbesar di Tanah Air. Di perkebunan tersebut, setiap pohon teh setinggi satu meter hanya dapat dipetik per 12 hari. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk.

Pemetikan pun harus dilakukan oleh tenaga terlatih dengan gunting khusus. Sebagai informasi, kualitas teh dari tiap daerah bisa berbeda-beda. Bahkan dari satu pohon teh yang sama pun bisa mendapatkan teh dengan rasa dan warna yang berbeda pula

Perlu diketahui, teh terbaik adalah yang diperoleh dari tiga pucuk daun teratas untuk difabrikisasi. Seduhannya akan berwarna bening, wangi, dan serbuk tehnya tidak mengambang. Sementara, teh kualitas "semenjana" bercirikan airnya keruh cenderung merah dan rasanya sepet.

Untuk Teh Tambi sendiri umumnya menggunakan kualitas terbaik. Setelah melalui proses seleksi, daun teh masuk proses pelayuan. Di dalam sebuah ruang besar dengan meja-meja berkawat dan suhu tertentu, daun-daun teh itu akan dimasukan ke ruang khusus selama 12 jam untuk proses oksidasi.

Baca Juga: Mengenal Teh Tambi, Komoditas Wonosobo yang Dikenal Sampai ke Mancanegara
Mengenal White Tea, Teh Langka yang Punya Antioksidan Paling Tinggi

Setelah dianggap layu, daun-daun itu dimasukan ke dalam sebuah pipa yang telah dihubungkan dengan mesin penggiling. Mesin itu akan membuat ukuran daun lebih kecil. Daun kemudian dipanggang agar mengering sempurna.

Tidak hanya dipasarkan di daerah lokal dan kota Indonesia lainnya. Teh Tambi bahkan telah masuk pasar mancanegara, seperti Asia, Amerika, dan Australia. Tentu saja hal ini membuat nama Teh Tambi semakin dikenal dan membuatnya menjadi komoditas menjanjikan.

Video Terkait