4 Tips Merawat Bunga Anggrek agar Berbunga Banyak dan Indah

Ilustrasi anggrek. (Foto Istimewa)

Editor: Putri - Senin, 2 Mei 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Bunga anggrek adalah tanaman hias yang paling didambakan. Anggrek adalah bunga yang eksotis dan anggun, melambangkan cinta, kemewahan, keindahan dan kekuatan.

Di Yunani kuno, anggrek dikaitkan dengan kejantanan. Faktanya, wanita Yunani percaya bahwa jika ayah dari anak mereka yang belum lahir makan umbi anggrek baru yang besar, bayinya laki-laki. Jika ibu memakan umbi anggrek kecil, dia akan melahirkan anak perempuan.

Anggrek juga merupakan pasar utama di seluruh dunia. Oleh sebab itu, perawatan tanaman bunga anggrek penting jika kamu memanfaatkan bunga anggrek secara komersial.

Mengutip situs Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Buleleng, berikut tips merawat bunga anggrek.

1. Perhatikan Cahaya Matahari

Cahaya matahari adalah sumber dalam fotosintesis. Fotosintesis akan menghasilkan energi yang berguna bagi anggrek, baik untuk bertumbuh atau membentuk daun, bunga, dan biji.

Selain itu, cahaya matahari juga berfungsi dalam membentuk atau memperbaiki bagian tanaman yang rusak dan menyimpan cadangan makanan.

Jumlah dan intensitas sinar matahari yang dibutuhkan tanaman hias anggrek berbeda-beda, bergantung pada jenis anggreknya.

2. Ketinggian Tempat

Bunga anggrek tumbuh dengan baik di daerah tropis. Meski demikian ketinggian tempat tumbuhnya, anggrek dibagi menjadi 3 golongan yaitu di dataran tinggi, dataran sedang dan dataran rendah.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Bunga Anggrek agar Berbunga Banyak dan Indah
Dukung Smart Eco Campus, TNBTS Serahkan 13 Anggrek Endemik Semeru

3. Sirkulasi Udara

Udara yang dibutuhkan anggrek adalah udara yang berembus secara terus-menerus atau angin yang sepoi-sepoi. Aliran udara seperti itu berfungsi untuk pergantian udara pada permukaan daun dan akar.

4. Kelembapan Udara

Masih menurut situs Dispemkirta Kabupaten Buleleng, kelembapan yang baik untuk pertumbuhan anggrek tidak kurang dari 70 persen. Kelembapan tinggi bukan berarti anggrek akan gampang terkena penyakit, seperti busuk daun dan busuk tunas.