4 Tips Merawat Kaktus agar Tidak Cepat Mati

Ilustrasi tanaman kaktus. (pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 5 Mei 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Apakah kamu pencinta tanaman baru atau sudah lama merawat tanaman hias, kita semua mencari cara untuk menambahkan sedikit semangat dan keindahan ke dalam ruangan. Tetapi kamu mungkin mengabaikan satu jenis tanaman dengan sedikit perawatan yaitu kaktus.

Tanaman berduri ini layak ditambahkan ke koleksi tanaman hijau dan mungkin lebih mudah dirawat daripada yang kamu kira. Ahli tanaman Cecilia Thon membagikan panduan bermanfaat mereka untuk merawat kaktus.

Mengutip Living Southern, berikut cara merawat tanaman kaktus.

1. Pemberian Cahaya yang Cukup

Biarkan kaktus menyerap sinar matahari—tetapi tidak terlalu banyak— dan menikmati panasnya. Kaktus menikmati semua hal yang didapatkan dari matahari dan berkembang dalam cahaya langsung.

Tempatkan di sudut terhangat dan tercerah di rumahmu. Kaktus harus mendapatkan hingga delapan jam sinar matahari per hari.

2. Siram dengan Benar

Beri tanaman kaktus air, tapi jangan terlalu banyak. Beri kaktus istirahat panjang di antaranya. Kaktus dikenal mampu bertahan hidup tanpa banyak penyiraman, karena mereka menahan air di batangnya. Namun, itu tidak berarti tidak perlu disiram sama sekali.

Alasan kebanyakan orang gagal merawat kaktus adalah kecenderungan untuk terlalu banyak air, yang dapat menyebabkan akar busuk dan keropeng.

3. Gunakan Tanah dan Pupuk yang Tepat

Campuran tanah dan pupuk yang disesuaikan dengan kaktus adalah kunci pertumbuhan yang sehat. Pastikan bahwa campuran tanah yang tepat digunakan saat menanam kaktus.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Kaktus agar Tidak Cepat Mati
Kisah Petani Difabel, Garap Kebun Warga untuk Cukupi Kebutuhan Keluarga

Kaktus lebih menyukai tanah yang mengandung lebih banyak pasir dan batu, untuk mengalirkan air dan menjaga tanaman tetap kering. Seperti tanah, penting untuk menggunakan pupuk yang dibuat khusus untuk kaktus.

4. Berhati-hatilah saat Merawat Kaktus

Kamu tidak ingin kan kesakitan saat merawat tanaman berduri ini? Oleh sebab itu saat memindahkan kaktus, kenakan sarung tangan dan penjepit untuk menangani duri dengan lembut dan menghindari tusukan.

Video Terkait