201 Ton Karet Asal Jambi Pasok Pasar India

Pejabat karantania pertanian Jambi tengah memeriksa karet yang akan diekspor ke India. (Barantan)

Editor: M Kautsar - Rabu, 22 Juni 2022 | 15:10 WIB

Sariagri - Baru-baru ini Karantina Pertanian Jambi melakukan rangkaian tindak karantina pertanian terhadap 201 ton karet lempengan. Karet milik PT AB tersebut rencananya akan memenuhi kebutuhan negara tujuan India melalui Pelabuhan Talang Duku, Jambi.

Adapun pemeriksaan terhadap komoditas karet tersebut antara lain pemeriksaan fisik dan juga administrasi pada karet yang sudah dikemas dalam beberapa peti.

Pejabat Karantina Tumbuhan, Elizabeth selaku yang bertugas memastikan bahwa komoditas karet tersebut dalam kondisi yang baik dan layak dilalulintaskan.

"Kami periksa secara fisik dan pastikan jumlahnya sudah sesuai, selanjutnya akan kami terbitkan Phytosanitary Certificate (PC) untuk dokumen administrasi pelintasan," ujar Eliz seperti dikutip dari Badan Karantina Pertanian (Barantan), Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: 201 Ton Karet Asal Jambi Pasok Pasar India
Harga Karet Sumatera Selatan Terus Naik - Berita Perkebunan

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Jambi berharap agar semakin banyak komoditas unggulan Jambi yang dapat diekspor. "Karantina Pertanian Jambi siap mendukung pelalulintasan komoditas pertanian khususnya ekspor. Harapannya semakin meningkat kontribusi Jambi dalam peningkatan jumlah ekspor Indonesia," kata Ginting.

Untuk diketahui, karet merupakan polimer hidrokarbon yang terkandung pada lateks beberapa jenis tumbuhan. Di jaman modern ini, karet tidak hanya digunakan untuk pembuatan mainan dan barang-barang lainnya, namun kerap dijadikan bahan konstruksi, lantai, pupuk, bahan kemasan dan produk rumah tangga lainnya.

Video Terkait