Pemkab Mukomuko Minta Pabrik Sawit Laporkan Dokumen Transaksi

Ilustrasi pabrik kelapa sawit. (Antara)

Editor: M Kautsar - Minggu, 26 Juni 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu meminta semua pabrik minyak kelapa sawit di daerah setempat mematuhi aturan pemerintah dengan melaporkan invoice atau data dokumen transaksi.

"Selama ini pabrik di Kabupaten Mukomuko tidak mematuhi aturan pemerintah. Kita minta mereka mematuhinya dan melaporkan invoice kepada pemerintah provinsi setempat," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah, di Mukomuko, Sabtu.
Ia mengatakan, tim perumus harga komoditi perkebunan kelapa sawit Bengkulu sampai sekarang belum bisa menetapkan dan memutuskan harga tandan buah segar kelapa sawit karena pabrik belum menyerahkan invoice atau data dokumen transaksi.
Padahal tim perumus harga komoditi perkebunan kelapa sawit Bengkulu membutuhkan dokumen transaksi atau data penjualan CPO sebagai bahan untuk menetapkan harga komoditi perkebunan.

Menurut dia, tindakan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini yang tidak melaporkan data penjualan CPO berdampak tidak baik bagi masyarakat petani kebun kelapa sawit di daerah ini.

Selain itu, tindakan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini melanggar aturan, yakni Peraturan Menteri Pertanian Nomor 1 tahun 2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Perkebunan.

Selanjutnya, katanya, pihaknya akan mendatangi semua pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini guna mempertanyakan alasannya tidak melaporkan invoice atau data dokumen transaksi.

Sementara itu, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko turun hingga Rp120 per kilogram sejak beberapa hari yang lalu diduga karena masih terbatasnya penjualan minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) dari daerah ini.
Harga TBS sawit sejak beberapa hari yang lalu turun di empat pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini berkisar Rp70 hingga Rp120 per kilogram.
Baca Juga: Pemkab Mukomuko Minta Pabrik Sawit Laporkan Dokumen Transaksi
Duh! Petani Sawit Rugi Triliunan Rupiah Imbas Larangan Ekspor Migor

Sedangkan harga sawit di enam dari 10 pabrik minyak kelapa sawit di daerah masih stabil atau sama dengan harga sawit sehari sebelumnya.

Ia mengatakan, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh mayoritas pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini turun mulai tanggal 21-22 Juni 2022 atau selama dua hari berturut-turut.

Video Terkait