76,8 Ton Kopi Arabika Gayo Supreme Senilai Rp6 Miliar Dikirim ke AS

Biji kopi arabika Gayo supreme yang akan dikirim ke Amerika. (Barantan)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 29 Juni 2022 | 16:45 WIB

Baru-baru ini Karantina Pertanian Aceh melalui wilayah kerja Lhokseumawe melakukan sertifikasi 76,8 ton kopi jenis arabika organik Gayo supreme di gudang koperasi daerah Pegasing. Empat kontainer biji kopi itu akan diekspor ke perusahaan industri kopi di negara bagian Maryland, Amerika Serikat dengan estimasi harga Rp6 miliar. 

"Sebelum sertifikat diterbitkan, biji kopi dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan diawali dengan pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan dokumen, termasuk persyaratan komoditas ekspor, kemudian pemeriksaan kesehatan terhadap biji kopi tersebut." Ujar Pejabat Karantina yang bertugas, Cut Rahmawaty seperti dikutip dari Badan Karantina Pertanian (Barantan), Rabu (29/6/2022).

Pemeriksaan dilakukan guna mendeteksi keberadaan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) pada biji kopi. Bila dinyatakan bebas OPTK maka sertifikat karantina terhadap biji kopi akan diterbitkan dan biji kopi boleh dilintaskan ke daerah tujuan.

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Aceh, Ibrahim memberikan dukungan terhadap kegiatan ekspor ini. Dia berharap ekspor komoditas pertanian lainnya dapat terus menggeliat.

"Ekspor komoditas pertanian dari Aceh diharapkan terus meningkat, sesuai dengan program Gratieks, yakni Gerakan Tiga Kali Ekspor, yang diusung Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo." pungkasnya.

Baca Juga: 76,8 Ton Kopi Arabika Gayo Supreme Senilai Rp6 Miliar Dikirim ke AS
Setelah Kopi, Ekspor Komoditas Unggulan Lain dari Lampung Terus Didorong

Indonesia sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia rutin memasok komoditas itu ke negara lain. Berbagai jenis kopi dihasilkan dari tanah air, salah satu yang diminati dunia yaitu kopi jenis arabika.

Sariagri - Kopi Aceh Gayo terkenal dengan karakter dan cita rasanya yang kuat. Bentuk dan aromanya yang kuat membuat kopi Gayo ini digemari di Benua Amerika dan Eropa. Kopi Gayo memiliki rasa tidak terlalu pahit dengan tingkat keasaman rendah.

 

Video Terkait