Panen Melimpah, Kalteng Kembangkan Buah Kelapa Jadi Minyak Goreng dan VCO

Ilustrasi kelapa. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 30 Juni 2022 | 17:05 WIB

Sariagri - Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, saat ini terus berupaya untuk mengembangkan berbagai macam produk lokal, salah satunya dari komoditas kelapa.

“Salah satu yang menarik perhatiannya untuk dikembangkan saat ini adalah komoditas kelapa yang ada di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, sehingga potensi tersebut bisa berjalan dengan maksimal,” kata Pelaksana tugas Kepala Diskoperindag Kabupaten Seruyan, Primermen di Kuala Pembuang. 

Dia mengatakan, Desa Pematang Panjang memang merupakan salah satu desa penghasil kelapa di Seruyan yang cukup melimpah. Atas dasar itulah, dirinya menilai bahwa komoditas tersebut sangat layak dikembangkan.

“Dari komoditas tersebut mungkin nanti bisa kita kemas dalam bentuk Virgin Coconut Oil (VCO) dan minyak goreng,” ungkapnya.

Saat ini lagi viral dan laris di pasaran adalah pemanfaatan serabut kelapa sebagai media tanam atau yang biasa disebut dengan coco peat. Kemudian dari serabut kelapa ini jika sudah dibersihkan bisa mempunyai nilai ekspor yang sangat tinggi.

“Dengan komposisinya itu adalah 50 persen tanah, 40 persen dari serabut itu tadi dan 10 persennya adalah kotoran hewan ternak,” jelasnya.

Selain itu, masih banyak potensi yang bisa dimanfaatkan dari pohon kelapa, seperti batoknya yang bisa diolah dengan kreatif seperti gantungan kunci, gelas, mangkok dan lainnya.

Baca Juga: Panen Melimpah, Kalteng Kembangkan Buah Kelapa Jadi Minyak Goreng dan VCO
Warga Pariaman Diminta Produksi Minyak Kelapa Kembali



Ia menambahkan, dengan adanya ini, diharapkan mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki desa tersebut dan pastinya dapat meningkatkan penghasilan bagi masyarakat. Harapannya dengan begitu dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini.

“Kita harap pengembangan ini bisa benar-benar berjalan dengan baik, mulai dari proses pengolahannya hingga nanti pada saat pemasarannya,” katanya, seperti dilansir Antara. 

Video Terkait