Harga TBS Anjlok, Viral Petani Sawit Jual Hasil Panen ke Malaysia

Ilustrasi kelapa sawit. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Sabtu, 2 Juli 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Harga tandan buah segar (TBS) sawit di Indonesia yang tengah anjlok, meresahkan para petani di Indonesia. Meski, Presiden Joko Widodo telah mencabut larangan ekspor sawit dan CPO.

Baru-baru ini beredar video yang merekam momen para petani yang menjual sawitnya ke negara tetangga, yaitu Malaysia. Video itu diunggah oleh akun Instagram @majeliskopi08 pada Sabtu (2/7/2022).

Akun Instagram tersebut mengunggah kolase video yang berisi momen petani yang sedang dalam proses mengirimkan sawit ke Malaysia. Di video pertama terlihat beberapa truk pengangkut sawit yang sedang terhenti di sebuah jalan. Truk-truk tersebut membawa bergunung-gunung sawit yang telah di panen.

Dalam video ini, terdengar suara dari perekam video yang mengatakan bahwa dirinya sedang dalam perjalanan ke Malaysia untuk menjual sawit tersebut.

Bahkan pria ini juga menjelaskan bahwa dirinya begitu pusing menghadapi harga sawit yang begitu murah di Indonesia, sehingga ia memutuskan untuk menjualnya ke Malaysia.

Sawit-sawit ini akan dijual dengan harga Rp5.000,00. Sedangkan di Indonesia sendiri, harga sawit masih berada di nominal Rp1000,00 per lima biji.

Baca Juga: Harga TBS Anjlok, Viral Petani Sawit Jual Hasil Panen ke Malaysia
Rektor IPB University: Peluang Kelapa Sawit Majukan Indonesia Sangat Besar

"OTW Malaysia guys. Harga Rp5000,00. Pusing kepala, harga cuma Rp1000,00 dapat 5. Kita langsung ke Malaysia. Kita pusing pokoknya ke Malaysia," ujar si perekam video.

Kemudian pada video kedua, tampak pula momen ketika petani sedang mengirimkan sawit ke Malaysia menggunakan sebuah perahu. Terlihat perahu yang mengular di tengah sungai, perahu tersebut membawa sawit-sawit yang telah dipanen. Sawit yang akan dijual ke Malaysia ini berjumlah 30 ton.

Video Terkait