Mengenal Bunga Mei Hwa yang Kerap Dipajang Saat Imlek

Ilustrasi Bunga Mei Hwa (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Senin, 10 Januari 2022 | 16:10 WIB

Sariagri - Perayaan Imlek akan jatuh pada 1 Februari di tahun 2022. Persiapan untuk menyambut perayaan ini pun sudah disiapkan oleh masyarakat yang merayakannya.

Salah satu ciri khas Imlek adalah pohon berwarna pink yang akan dipajang di rumah-rumah. Pohon pink itu disebut juga dengan Bunga mei hwa.

Berbeda dari negara asalnya Tiongkok, bunga Mei Hwa yang ada di Indonesia umumnya terbuat dari plastik. Melansir sejumlah sumber, bunga ini biasanya akan berkembang ketika menyambut musim semi yang merupakan awal tahun baru Cina.

Saat musim semi, hanya pohon Mei yang bisa memekarkan bunganya di tengah hamparan salju. Didasari hal tersebut, bunga Mei Hwa dilambangkan sebagai kegembiraan menyambut datangnya musim semi dan semangat baru bagi warga Tionghoa.

Baca Juga: Mengenal Bunga Mei Hwa yang Kerap Dipajang Saat Imlek
Indonesia Ajak Malaysia Bersama-sama Hadapi Kampanye Negatif Sawit

Bunga yang mirip dengan sakura ini dapat hidup di empat musim yaitu musim panas, gugur, dingin dan semi. Keunikan dan kekhasannya membuat masyarakat di Tiongkok memanfaatkannya sebagai aksesoris saat Imlek.

Kebiasaan memajang bunga mei hwa dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dan rejeki. Untuk memeriahkan perayaan Imlek, biasanya warga juga akan menggantungkan angpao di pohon tersebut.

Nantinya ketika sanak saudara atau tamu datang dipersilakan untuk mengambil salah satu angpao yang digantung tersebut.